Lurah Gunung Pangilun Cetuskan PATUH


Jumat, 08 September 2017 - 01:32:37 WIB

PADANG, HALUAN - Pelayanan Administrasi Terpadu Kelurahan atau disebut PATUH, sebuah inovasi baru di Kota Padang bahkan mungkin di Indonesia. Inovasi ini tercetus dari Andi Amir, Lurah Gunung Pangilun, Kecamatan Padang Utara.

Menurut Andi Amir, kantor kelurahan sebagai basis pelayanan terdepan pemerintahan seharusnya lebih mencerminkan profesionalisme. Warga harus diberi pelayanan yang nyaman, jelas dan tuntas sebagai implementasi dari kepatuhan melayani dan dilayani.

"Bila ruang pelayanan nyaman, warga yang berurusan akan nyaman. Tentunya juga dengan alur pelayanan yang jelas dan tuntas secepatnya," jelas Andi Amir di kantornya, Kamis (7/9).

 

Konsep PATUH ini mengadopsi Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN). Di tangan lurah muda ini diberikan sentuhan berbeda, baik dari penataan ruangannya maupun dari cara melayani warga.

"Kita ingin mengubah cara pandang masyarakat terhadap pelayanan di kantor kelurahan. Biasanya terkesan apa adanya. Sekarang kita buat berbeda dengan sentuhan profesional, tetapi lebih dekat ke masyarakat," ujar Andi.

Menurut Andi lagi, lahirnya inovasi pelayanan ini sebagai bentuk komitmen pemerintah yang dimulai dari kelurahan untuk mewujudkan pelayanan prima.

"Ini komitmen untuk pemerintah mewujudkan pelayanan prima. Kita mulai dari kelurahan," tukasnya.

 

Adapun arti "PATUH" juga akronim dari P: Profesional, A: Amanah, T: Transparan, U: Unggul dan H: Handal. Sedangkan Moto Pelayanan yaitu "PATUH Administrasi dan PATUH Melayani".

"Patuh administrasi bagi warga dan patuh melayani bagi pihak kelurahan," sebutnya.

Andi Amir menambahkan, saat ini masih dilakukan beberapa pembenahan untuk ruangan pelayanan. Banner untuk SOP dan alur pelayanan sebagai petunjuk untuk warga yang berurusan sudah ada.

"Dalam waktu dekat kami akan launching. Insha Allah diluncurkan oleh Walikota Padang," tutupnya.(h/vie)

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 02 Mei 2020 - 15:42:10 WIB

    Pasien Corona Kota Padang Bertambah 1, Zona Merah Tersebar di 43 Kelurahan

    Pasien Corona Kota Padang Bertambah 1, Zona Merah Tersebar di 43 Kelurahan PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pasien positif virus Corona atau Covid-19 di Kota Padang bertambah 1 (satu) orang pada Sabtu (2/5/2020). Kini total menjadi 108 orang. Dengan begitu, saat ini ada 10 kecamatan dengan 43 Kelurahan.
  • Ahad, 12 April 2020 - 16:31:06 WIB

    Dewan Harapkan APD Corona Dinikmati Hingga Kelurahan

    Dewan Harapkan APD Corona Dinikmati Hingga Kelurahan PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Dalam rangka melaksanakan fungsi pengawasan selaku anggota DPRD Kota Padang Zulhardi Zakari Latif melakukan kunjungan ke kantor Lurah Koronggadang..
  • Kamis, 06 Februari 2020 - 22:42:38 WIB

    2021, Kelurahan Ujung Gurun Akan Fokus Rehab Drainase

    2021, Kelurahan Ujung Gurun Akan Fokus Rehab Drainase PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Kelurahan Ujung Gurun, Kecamatan Padang Barat menggelar Rapat Koordinasi Pembangunan (Rakorbang) dalam rangka penyusunan rencana kerja pemerintah daerah tahun 2021, Kamis (6/2)..
  • Rabu, 05 Februari 2020 - 15:26:03 WIB

    Kelurahan Rimbo Kaluang Susun Rencana Kerja 2021

    Kelurahan Rimbo Kaluang Susun Rencana Kerja 2021 PADANG, HARIANHALUAN.COM - Kelurahan Rimbo Kaluang menggelar Rapat Koordinasi Pembangunan (Rakorbang) dalam rangka penyusunan rencana kerja pemerintah daerah tahun 2021, Rabu (5/2)..
  • Kamis, 30 Januari 2020 - 23:50:13 WIB

    Program Simantep Dukung Maksimalnya E-Kelurahan

    PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Kelurahan Rawang, Kecamatan Padang Selatan, menyatakan kesiapannya menjadi pilot projek program E-Kelurahan yang dicanangkan Wali kota Padang Mahyeldi Ansharullah..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]