Pascatawuran Geng di Padang Panjang, Ada Isu Darah Bayar Darah


Jumat, 08 September 2017 - 18:09:58 WIB
Pascatawuran Geng di Padang Panjang, Ada Isu Darah Bayar Darah Ilustasi/Haluan

PADANG PANJANG, HARIANHALUAN.COM—Pascatawuran antargeng di Kota Padang Panjang yang mengakibatkan seorang pelajar mengalami kondisi Kritis di RSUP M. Djamil, jajaran Polres Padang Panjang tingkatkan patroli dan razia sebagai upaya preentif dan preventif (mengimbau dan mencegah).

 Kasat Reskrim Polres Padang Panjang, AKP Julianson, menyebut saat ini ke empat Anak Berhadapan dengan Hukum (ABH) masih diamankan mengingat situasi yang masih memanas. Belum kondusifnya situasi pasca tawuran, berdasarkan informasi yang didapat jajaran Satreskrim tentang adanya rencana pembalasan dari kubu kelompok korban bacokan (GBF).

 “Selain masih terus mendalami motif perkelahian dua kelompok remaja ini, personil gabungan terus berpatroli dan menggelar razia. Hal ini selain dengan adanya informasi "darah berbayar darah,” dari pihak kelompok korban bacokan," tutur Julianson didampingi KBO Reskrim Iptu Damanik.

 Julianson juga mangatakan, dari 13 yang berkaitan langsung dengan peristiwa tawuran tesebut 8 diantaranya dipulangkan setelah adanya perjanjian pihak keluarga, sebagai salah satu bentuk imbauan untuk mengantisipasi kejadian berulang.

 Sementara tindakan lapangan, berupa pengerahan personil gabungan dari Mapolres dan seluruh jajaran Polsek wilayah hukum Polres Padang Panjang. Hal ini berkaitan dengan didapatkannya informasi melaui jejaring sosial media, yang mengarah penggalangan semangat balas dendam. Diantaranya berbunyi

“Ini baru permulaan, perang belum selesai. Darah harus dibayar darah”.

 “Tidak hanya di dalam kota, tindakan prentif juga digelar hingga ke wilayah pinggiran. Di antaranya menggelar patroli dan razia di sejumlah daerah Kabupaten Tanahdatar yang berada di wilayah hukum Polres Padangpanjang,” terang Julianson.

 Terpisah, Kapolres Padang Panjang AKBP. Cepi Noval menghimbau, kepada setiap orangtua agar selalu memantau perkembangan dan pergaulan anak, agar hal serupa tak terjadi lagi.

“Peran orang tua sangat berpengaruh untuk antisipasi kejadian ini,” pungkasnya (h/pis)

Baca juga : Ganas-tawuran-geng-pelajar-di-padang-panjang-siswa-ini-kena-bacok

 

Editor: Rivo Septi Andries

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]