Weno Aulia Durin

Pengusaha Butuh Kenyamanan Berusaha


Ahad, 10 September 2017 - 20:40:50 WIB
Pengusaha Butuh Kenyamanan Berusaha Weno Aulia Durin

PADANG, HALUAN - Investasi sebuah keharusan bagi Kota Padang untuk memacu pertumbuhan ekonomi. Ujung-ujungnya pembukaan lapangan kerja dan peningkatan pendapatan masyarakat.

Hanya saja investasi tak hanya menyangkut kemudahan birokrasi perizinan. Lebih dari itu  kenyamanan dalam berusaha mutlak diperlukan. "Tak  akan ada investasi yang masuk ke Padang tanpa adanya kenyamanan dalam berusaha," ujar Weno Aulia Durin di Padang, Sabtu (9/11).

Pungutan yang tak jelas dasarnya oleh oknum warga, beragam macam permintaan, aksi premanisme, bahkan ancaman penutupan akses ke lokasi usaha kerap dihadapi pengusaha. "Ini harus dicarikan soluasinya ke depan," lanjut pengusaha itu.

Tindakan-tindakan demikian tentunya memicu biaya tinggi dan ketidakpastian yang kerap mendorong investor membatalkan niatnya berusaha di ibukota provinsi ini. Dalam hal membuat bangunan saja contohnya, ada kelompok masyarakat yang memaksa mereka yang harus memasok material dengan harga yang mereka tentukan, belum lagi beragam pungutan dan sejumlah syarat yang membebani. Jika hal itu tak dituruti, keamanan berusaha di lokasi itu tak terjamin.

Belum lagi persoalan klaim-klaim kepemilikan lahan yang kerap membuat membingungkan dan menimbulkan keresahan, serta penyelesaian yang berlarut-larut.

Menurut Weno, persoalan itu tak hanya bisa diselesaikan dengan pendekatan aparat keamanan dan proses hukum, tetapi juga dengan cara persuasif. "Tumbuhkan kesadaran di masyarakat bahwa usaha itu akan bermanfaat bagi mereka yang berdomisili di sekitarnya. Konkritnya dorong terbentuknya kelompok-kelompok masyarakat yang siap menjaga investasi di lingkungan mereka," ulasnya.

Pengalaman di daerah lain, kelompok-kelompok masyarakat yang berisikan tokoh warga dan pemuda di dalamnya ampuh untuk menciptakan kenyamanan bagi perusahaan di daerah setempat. "Pemko perlu mendorong lahirnya kelompok-kelompok masyarakat seperti itu. Hal ini pun tak perlu anggaran besar. Political will pemerintah yang diperlukan. Ini perlu disegerakan," ulasnya.

Ia mengingatkan, anak-anak muda di kota ini sangat membutuhkan lapangan. Kerja. Pemerintah wajib mendorong investasi dengan menciptakan kenyamanan berusaha di daerah ini. (Rel)


Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 22 April 2020 - 16:59:59 WIB

    Anggota Dewan di Padang Minta Pengusaha Ikut Bantu Warga Tak Mampu

    Anggota Dewan di Padang Minta Pengusaha Ikut Bantu Warga Tak Mampu PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Dampak sosial ekonomi wabah Covid-19 sangat dirasakan masyarakat. Apatah lagi, bantuan bagi warga terdampak Covid-19 dari pemerintah sangat terbatas. Untuk itu, Sekretaris Komisi II DPRD Kota Pad.
  • Rabu, 05 Februari 2020 - 13:18:57 WIB

    Butuh 300 Lagi, Dishub Berharap Pengusaha Bantu Bangun Halte

    Butuh 300 Lagi, Dishub Berharap Pengusaha Bantu Bangun Halte PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Saat ini Dinas Perhubungan Kota Padang terus melakukan berbagai upaya dalam mempercepat pembangunan halte Bus Trans Padang. Bahkan jumlah yang kini ada dinilai masih kurang untuk seluruh koridor ya.
  • Selasa, 29 November 2016 - 01:24:50 WIB
    GUBERNUR BUKA MUSPROV VI KADIN SUMBAR

    Pengusaha-Pemerintah Saling Tergantung

    Pengusaha-Pemerintah Saling Tergantung PADANG, HALUAN — Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, Senin (28/11) membuka Musyawarah Provinsi (Musprov) ke VI Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sumbar di Pangeran Beach Hotel, Padang. Hadir dalam kesempatan itu Wakil K.
  • Kamis, 20 Oktober 2016 - 03:22:13 WIB
    PEMKO BUKA FGD

    Wadah Diskusi Calon Pengusaha

    PADANG, HALUAN — Ka­bar gembira buat anak muda Kota Padang yang ingin belajar atau merintis hidup untuk men­jadi pengusaha. Pemerintah Kota Padang membuka Focus Group Discussion (FGD), Rabu (19/10) kemarin..
  • Selasa, 11 Oktober 2016 - 02:40:46 WIB

    Pengusaha Gelisah Kehadiran Minang Mart

    PADANG, HALUAN — Je­lang peng­ope­rasian Minang Mart, para pengusaha retail (Mini Market) mulai gelisah. Padahal, sampai sekarang belum ada payung hukum dari pemerintah untuk me­ngatur kompetisi bisnis wa­ralaba ini. D.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]