BUTUH PERHATIAN PEMKAB

Jembatan Talogondan Menunggu Ambruk


Senin, 11 September 2017 - 01:38:23 WIB
Jembatan Talogondan Menunggu Ambruk NYARIS AMBRUK - Jembatan Talogondan yang rusak dan perlu perbaikan dari pihak Pemkab Padang Pariaman. TRISNALDI

PADANG PARIAMAN, HALUAN - Jembatan Talogondan yang terletak di Dusun Tigo Muaro, Korong Paguah Duku, Nagari Kurai Taji, Kecamatan Nan Sabaris, Kabupaten Padang Pariaman nyaris rubuh. Pasalnya, bagian dasar atau abutment jembatan ini sudah mulai tergerus erosi, sehingga bagian pangkal jembatan turun seperti amblas.
Selain itu
, kondisi hujan lebat beberapa hari belakangan menambah parahnya kikisan bagian bawah salah satu pangkal jembatan Talogondam, akibatnya bagian pangkal jembatan turun dan nyaris ambruk.
Kondisi kini, jembatan tampak sulit dilewati masyarakat
. Peristiwa itu terjadi Sabtu (9/9) sore sekitar pukul 16.35 WIB, karena secara tiba-tiba bagian pangkal jembatan turun membuat bagian badan jembatan dan jalan turun. Jembatan dengan lebar 4 meter lebih kurang itu merupaka urat nadi perhubungan masyarakat.

Rusaknya jembatan Talogondan tentulah diharapkan pihak pemerintah setempat dapat segera membantu mengatasinya, agar masyarakat bisa aman nyaman berlalu lalang di sarana fisik penghubung tersebut.
Kepala BPBD Kabupaten Padang Pariaman, Amiruddin yang
dihubungi Haluan terkait jembatan mengakui adanya pengikisan yang terjadi pada dasar jembatan tersebut.

Menurut dia, kejadian secara tiba-tiba sekitar pukul 16.35 WIB pada Hari Sabtu (9/6) tersebut mengagetkan, karena menit-menit sebelumnya sarana infrastruktur fisik itu masih dimanfaatkan masyarakat sebagai sarana penghubung.
Kerusakan jembatan yang tiba-tiba itu untung tidak menimbulkar korban jiwa. Dan jembatan itu praktis sulit dilalui kendaraan.

Tim TRC BPBD sudah di lokasi, dan untuk sementara jalan dialihkan ke Duku banyak, pengalihan tersebut menempuh jarak 2 km dari jalur yang biasanya dilalui,kata Amiruddin.
Sementara Kepala Dinas PUPR Kabupaten Padang Pariaman, Budi Mulia usai meninjau jembatan yang rusak tersebut menjawab Haluan, Minggu (10/9) menjelaskan, jembatan Talogondan akibat abutmen
t yang digerogoti erosi.
Beberapa hari belakangan hari sering hujan lebat, bahkan sabtu kemarin hujan terus menerus dan lebat, di sungai ini tentu debit air naik dan arus kuat, terjadilah kerusakan jembatan itu akibat kikisan air terhadap dasar abutment.
Budi menjelaskan, abutment adalah bangunan bawah jembatan yang terletak pada kedua ujung pilar
-pilar jembatan, berfungsi sebagai pemikul seluruh beban hidup (angin, kendaraan, dan lain sebagainya) dan mati (beban gelagar) pada jembatan.
Soal kerusakan jembatan Talogondan, saat ini kita menunggu SK dari BPBD, apakah itu termasuk dalam kategori bencana atau kerusakan biasa. Namun pada prinsipnya jembatan akan segera diperbaiki, kata dia. (h/tri)
 

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]