Lomba Ikan Cupang Raih Rekor MURI


Senin, 11 September 2017 - 02:04:23 WIB

HALUAN--Museum Rekor Indonesia (MURI) menyerahkan piagam kepada panitia lomba ikan cupang hias internasional, di Hotel Imelda, Gadut, Padang, Sumatera Barat, Hari Minggu (10/9), sebagai rekor MURI yang baru dengan jumlah ikan cupang hias mencapai 1.440 ekor.

 

Rekor ini menumbangkan rekor lama yaitu lomba ikan cupang hias berjumlah 1.063 yang digelar di Jakarta tahun 2007 silam. Penyerahan piagam rekor MURI untuk kategori lomba ikan cupang hias terbanyak diserahkan oleh pihak Museum Rekor Indonesia kepada panitia lomba.

 

Rekor ini mencatat jumlah ikan cupang hias yang dilombakan mencapai 1.440 ekor, menumbangkan rekor lama untuk lomba sejenis, yaitu 1.063 ekor yang digelar di Jakarta tanggal 26 agustus 2007 silam. “Ini adalah rekor baru, setelah menumbangkan rekor lama yang sudah bertahan selama 10 tahun,” kata Awan Rahargo dari MURI.

ikan cupang hias internasional ini, diikuti bukan saja dari dalam negeri, tapi juga dari luar negeri seperti Philipina, Singapura, Brunei, Jepang, dan Amerika Serikat. Para juri dari komunitas pencinta ikan cupang hias, harus bekerja ekstra keras untuk menentukan ikan cupang mana dari 1.440 ekor yang menjadi terbaik.

 

Ada empat kriteria yang dinilai para juri yaitu warna ekor, warna tubuh, kelincahan dan kesempurnaan bentuk tubuh. Dari hasil penilaian juri, terpilihlah satu ekor ikan milik peserta dari California, Amerika Serikat sebagai pemenang utama atau best of the best. “Persaingan sangat ketat. Para peserta dari dalam dan luar negeri bagus-bagus. Juara umumnya adalah ikan cupang dari California,” kata Mulyadi, Ketua Panitia.

 

Ikan cupang sendiri adalah ikan berukuran kecil yang hidup di rawa-rawa. Ikan ini memiliki warna tubuh yang indah. Saat ini, sudah banyak peternak ikan yang melakukan pembibitan ikan cupang di kolam untuk dibudidayakan.

 

sebelumnya, Komunitas penggemar ikan cupang hias di Padang, Sumatera Barat, menggelar lomba ikan cupang hias nasional, hari Sabtu (9/9). Sebanyak 1.365 ekor ikan cupang hias milik 68 orang peserta, berlomba untuk menjadi yang terbaik. Kriteria pemenang adalah bentuk kesempurnaan tubuh, keindahan bentuk ekornya, keindahan warna tubuh ikan, dan kelincahan ikan.

 

Tim juri dari Betta of Sumatera Society atau masyarakat penggemar ikan cupang hias, sibuk mengamati ikan-ikan cupang hias yang dipajang memanjang dalam toples, pada lomba ikan cupang hias tingkat nasional, yang digelar di Hotel Imelda, Padang. Ada sebanyak 1.365 ekor ikan cupang hias milik 68 orang peserta, yang tengah berlomba untuk menjadi yang terbaik.

 

Ada beberapa kriteria dalam penilaian lomba, antara lain kesempurnaan tubuh ikan, keindahan ekor ikan, keindahan warna tubuh ikan, dan kelincahan gerak-gerik ikan. Peserta lomba selain daarat, juga datang dari Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Jambi, Lampung, dan Pekanbaru.

 

Ada beberapa kategori lomba, yaitu ikan cupang hias hasil penetasan di an cupang hias dari alam. Ikan cupang hias dari sungai ini berukuran lebih kecil daripada ikan hias hasil penetasan di kolam.

 

“Ikan cupang Hias ini merupakan biota yang banyak terdapat di Sumatera dan Kalimantan. Melalui lomba ini, kami ingin mengangkat pamor ikan cupang hias sekaligus menunjukkan kepaarakat umum bahwa kita kaya akan biota ikan, dimana salah satunya adalah ikan cupang hias,” kata Mulyadi, ketua panitia lomba.

 

Panitia menyediakan empat piala, yaitu untuk kategori Best of Show, kategori King of Asia, kategori Champion, dan kategori Best of The Best. Selain itu, panitia juga memberikan hadian uang pembinaan untuk masing-masing pemenang. Lomba ikan cupang hias ini adalah yang ketiga kali digelar oleh komunitas Betta of Sumatera Society, sejak tahun 2015 lalu. (h/rel/rin

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]