DAU Solsel Berkurang Rp8,5 Miliar


Selasa, 12 September 2017 - 01:35:46 WIB
DAU Solsel Berkurang Rp8,5 Miliar BUPATI Solsel foto bersama usai rapat. IST

SOLOK SELATAN, HALUAN - Pemerintah Solok Selatan (Solsel) sampaikan nota pengantar Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) 2017 saat sidang Paripurna di DPRD setempat, Senin (11/9). Pada sidang ini, terjadi usulan penambahan pendapatan daerah sebesar Rp24,7 miliar pada pos PAD dan pendapatan lain-lain yang sah. Penambahan pendapatan daerah dari Rp779 miliar menjadi Rp803 miliar.

Bupati Solsel, Muzni Zakaria mengatakan nota pengantar tersebut dapat dilaksanakan secara maraton dan efektif sesuai jadwal yang ditetapkan Badan Musyawarah (Bamus) DPRD Solsel. "Kita harapkan agar pembahasan berjalan dengan baik dan bisa diselesaikan secepat mungkin," harapnya.

Ia menambahkan, pendapatan dari dana perimbangan mengalami penurunan sekitar Rp8,34 miliar. Namun, pada sumber pendapatan itu terjadi peningkatan pada item Dana Bagi Hasil (DBH) Pajak/bukan pajak dan DBH Sumber daya alam Rp241 juta.

Sementara Dana Alokasi Umum (DAU) terjadi pengurangan Rp8,5 miliar. "Hal itu sekaitan dengan konsekuensi atas kebijakan pusat berupa pengurangan DAU pada kabupaten/kota," tambahnya.

Selian itu, pada pos lain-lain pendapatan daerah yang sah mengalami peningkatan sekitar Rp2 miliar yang bersumber dari bantuan keuangan provinsi dan pusat. "Sedangkan pada belanja tidak langsung mengalami peningkatan sebesar Rp5,7 miliar dari Rp379 miliar menjadi Rp385 miliar. Yakni pada item belanja pegawai Rp5 miliar dan bantuan sosial Rp250 juta serta belanja tak terduga juga mengalami kenaikan sebesar Rp402 juta," ujarnya.

Untuk belanja langsung juga mengalami kenaikan dari kisaran Rp435 miliar menjadi kisaran Rp484 miliar atau mengalami peningkatan sebesar Rp49.492.968.460 miliar. "Guna memenuhi kekurangan belanja pada perangkat daerah dan penambahan dilakukan selektif dengan mempertimbangkan serapan anggaran sampai akhir triwulan III 2017," lanjutnya.

Sehingga, imbuhnya dengan peningkatan pendapatan daerah sebesar Rp24,7 miliar yang lebih kecil dibandingkan peningkatan total belanja daerah sehingga defisit bertambah Rp30,4 miliar. Dari Rp35,9 miliar menjadi Rp66,4 miliar.

"Total defisit anggaran akan ditutup dengan penerimaan pembiayaan dari Silpa 2016 dan penerimaan piutang daerah,"ungkapnya.

Senada, Wakil Ketua DPRD Solsel, Ali Sabri Abbas juga berharap dalam proses pembahasan RAPBD-P 2017 bisa diselesaikan tepat waktu sesuai agenda yang telah ditetapkan. Sehingga akan mempercepat realisasi pembangunan daerah. "Kita juga ingin tuntas secepatnya," tutupnya. (h/jef)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 17 Januari 2020 - 16:08:59 WIB

    Anggota DPRD Sumbar, Firdaus Jaring Aspirasi ke SMKN 1 Sintoga

    Anggota DPRD Sumbar, Firdaus Jaring Aspirasi ke SMKN 1 Sintoga PADANGPARIAMAN, HARIANHALUAN - Aggota DPRD Sumbar Firdaus lakukan reses pertama 2020 di SMKN 1 Sintoga Padang Pariaman, dalam rangka menjaring aspirasi di di daerah pemilihanya. Dalam kunjungan itu, pihak sekolah menyampaikan.
  • Jumat, 04 Oktober 2019 - 12:41:23 WIB

    Jembatan Surau Batu Dibangun dengan DAU 2019

    Jembatan Surau Batu Dibangun dengan DAU 2019 PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Jembatan Surau Batu di Korong Kalampaian Hulu, Nagari Koto Tinggi Kuranji Hilir Sungai Limau, Kabupaten Padang Pariaman dibangun permanen dengan dana DAU tahun 2019. Kini kemajuan pekerjaan.
  • Rabu, 04 September 2019 - 19:07:03 WIB

    Sepekan Dilantik, Firdaus Langsung Jaring Aspirasi Warga Sintoga

    Sepekan Dilantik, Firdaus Langsung Jaring Aspirasi Warga Sintoga PADANGPARIAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Baru terhitung satu minggu usai membacakan sumpah/janji sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumbar, Firdaus sudah turun langsung menemui masyarakat guna menjaring aspirasi.
  • Ahad, 28 Juli 2019 - 15:31:32 WIB

    Peningkatan Jalan DAK dan DAU Payakumbuh Mulai Dikerjakan

    PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM - Pembangunan infrastruktur jalan yang dikelola Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Payakumbuh, sedang berlangsung, menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Alokasi Umum (DAU.
  • Selasa, 21 Mei 2019 - 15:52:45 WIB

    Firdaus Resmi Jadi Wakil Kepala PA Payakumbuh

    Firdaus Resmi Jadi Wakil Kepala PA Payakumbuh PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM - Setelah penantian selama dua tahun, jabatan Wakil Kepala Pengadilan Agama Kelas IB Payakumbuh, akhirnya terisi. Posisi itu dipercayakan kepada Firdaus, mantan Ketua Pengadilan Agama Tanjung Pati.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]