PAKAI BANTUAN ALAT BERAT

100 Ton Sampah Pantai Ditimbun


Selasa, 12 September 2017 - 02:02:05 WIB
100 Ton Sampah Pantai Ditimbun SEBUAH alat berat tengah menimbun tumpukan sampah ke dalam lubang pasir di Pantai Muaro Lasak, Padang, Senin (11/9). Pemko Padang terpaksa menggali lubang di pantai objek wisata tersebut guna menimbun sampah yang terlalu banyak. HUDA PUTR

PADANG, HALUAN--Hujan yang menguyur pada Sabtu (9/9) masih menyisakan pekerjaan rumah bagi Pemerintah Kota Padang. Salah satunya, tumpukan sampah di Pantai Padang tepatnya di Muaro Lasak. Diperkirakan sampah yang menumpuk mencapai 100 ton lebih.

"Sampahnya banyak sekali yang di Pantai Muaro Lasak, "ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang Medi Iswandi kepada Haluan, Senin (11/9).

Dikatakan Medi, untuk sampah yang berada di Pantai Muaro tepatnya depan Lapas sudah dapat dibersihkan, hingga Senin (11/9) pagi. Pembersihan dilakukan oleh petugas kebersihan dari Dinas Pariwisata, dan Dinas Lingkungan Hidup. Sedangkan untuk sampah yang menumpuk di Pantai Muaro Lasak dibersihkan menggunakan alat berat.

“Di Muaro Lasak harus pakai alat berat, tidak bisa lagi pakai tenaga manusia,”sebut Medi.

Disebutkan Medi, untuk pembersihan sampah di Muaro Lasak membutuhkan waktu sekitar tiga hari. Itupun, jika dalam tiga hari ini tidak kembali mengalami banjir. Sementara itu, sampah yang menumpuk akibat banjir diperkirakan lebih dari 100 tahun.

Sebab untuk hari ini saja ,Senin (11/9) sampah yang sudah berhasil diangkut di Pantai Muaro mencapai 5 truk atau sekitar 35 ton. Belum lagi ditambah dari Muaro Lasak, yang sudah diangkut sekitar 7 truk atau 49 ton.

“Hari ini saja sudah lebih dari 10 truk, satu truk kapasitasnya sekitar 7 ton. Itu pun belum seluruh sampah dapat diangkut terutama yang di Muaro Lasak,”sebutnya.

Ditambahkan Medi, untuk sampah organik, dan ranting kayu yang ada di Muaro Lasak, dilakukan penimpunan disekitar bibir pantai. Sedangkan, untuk sampah plastik harus diangkat dan segera dibuang.

“Kami berharap agar masyarakat tidak lagi membuang sampah ke sungai. Yang mengakibatkan sampah tersebut bermuara ke Pantai Padang,”katanya.

Sementara itu, Ilan pengunjung Pantai Padang berharap agar persoalan sampah di Pantai Padang dapat segera dicarikan solusi. Sebab, setiap selesai hujan sudah dipastikan sampah akan menumpuk di pantai.

“Jika tidak ada solusi, maka setiap selesai hujan dinas terkait akan kewalahan untuk membersihkan sampah yang menumpuk di Pantai Padang,”sebut warga Tunggul Hitam ini. (h/mg-mel)

 

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]