Tes CPNS Kemenkumham Masuk Tahap Verifikasi Data


Rabu, 13 September 2017 - 03:22:40 WIB
Tes CPNS Kemenkumham Masuk Tahap Verifikasi Data TES CPNS - Ribuan pelamar CPNS 2017 di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) untuk formasi SLTA/sederajat memadati Gedung Serba Guna KONI Padang, Selasa (12/9). HUDA PUTRA

PADANG, HALUAN - Ribuan pelamar CPNS 2017 di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) untuk formasi SLTA/sederajat memadati Gedung Serba Guna KONI Padang, Selasa (12/9). Terlihat, sejak pagi ribuan peserta antri mengikuti tahap seleksi keaslian berkas dan tinggi badan.

 

Kepala Kanwil Kemenkumham Sumatera Barat, Dwi Prasetyo kepada Haluan menuturkan, tahapan untuk formasil SLTA, terlebih dulu mengikuti proses pemanggilan/verifikasi dokumen/berkas asli, pengukuran tinggi badan dan pembagian kartu peserta ujian.

"Kalau untuk dokter spesialis, dokter dan sarjana, pelaksanaan Tes Kompetensi Dasar (TKD) dengan sistem komputerisasi (CAT/Computer Assisted Test) sudah dilaksanakan sejak Senin (11/9) hingga Sabtu (16/9) di gedung Badan Kepegawaian Negara (BKN dan Universitas Negeri Padang (UNP)," terangnya.

 

Ia mengaku kaget dengan antusias peserta yang ikut karena mencapai 30 ribu orang. "Prediksi awal hanya 10 ribu. Untuk tingkat SLTA sederajat saja ada 22.821 peserta sedangkan untuk sarjana delapan ribu peserta," ungkapnya

 

Lebih lanjut dikatakannya, tahap pengukuran tinggi badan dan verifikasi berkas ini dilakukan hingga hari Sabtu (16/9). Adapun pelaksanaan TKD untuk D III dan SLTA/sederajat dilaksanakan pada 25 September hingga 3 Oktober 2017.

"Kalau pria tinggi badan minimal 160 dan wanita 155 centimeter, jika kurang maka tidak bisa melanjutkan ke tahap berikutnya. Sedangkan verifikasi berkas ini untuk mengechek keaslian dan kelengkapan berkas mereka," ungkapnya.

 

Pihaknya juga mengalami kendala karena server down sehingga untuk data kartu peserta terpaksa di input secara manual.

"Server pusat mengalami gangguan, mungkin karena saat ini serentak seluruh Indonesia melakukan penginputan. Sementara kami input secara manual," sambungnya.

 

Lebih lanjut dirinya menambahkan penerimaan CPNS Kementerian Hukum dan HAM Sumbar mendapatkan kuota sebanyak 378 orang yang terdiri dari posisi Pembimbing Kemasyarakatan sebanyak 21 orang, terbuka bagi lulusan S1 jurusan Piskologi, Sosiologi, dan Hukum.

 

"Posisi lainnya adalah Analisis Keimigrasian Pertama sebanyak 16 orang (S1), Dokter Umum 1 orang, dan Perawat Pertama sebanyak 3 orang. Sementara sisanya 337 formasi dibuka untuk posisi Penjaga Tahanan dibuka untuk tamatan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) se-derajat," terangnya.

 

Sementara itu, Ranggi salah seorang pelamar CPNS Kemenkumham Sumbar mengakui belum menerima kartu peserta ujian kendatipun telah melewati tahap verifikasi data dan pengkuran tinggi badan, "Kata panitia ada gangguan server, dan kartu ujian di jemput ke kantor Kemenkumham Sumbar," ungkapnya. (h/mg-hud)

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]