PADANG TERUS PACU PENDIDIKAN

DAK SMP Capai Rp8,5 Miliar


Rabu, 13 September 2017 - 03:32:15 WIB
DAK SMP Capai Rp8,5 Miliar PEMBANGUNAN- Sekolah Taman Kanak Kanak Muslim BUNAYYA sedang dibangun di Muara Siberut, Kec.Siberut Selatan, Kab.Kepulauan Mentawai. Koordinator pembangunannya Buya Masooed Abidin, berharap dukungan semua pihak agar pembangunanya cepat selesai. IST

PADANG, HALUAN—Tahun ajaran 2017 Dana Anggaran Khusus (DAK) untuk SMP  yang ada di Kota Padang mencapai kurang lebih Rp 8,3 Miliar. Keseluruhan dana ini digunakan untuk keperluan sekolah yang sifatnya dapat membantu kelancaran proses belajar dan mengajar di sekolah.

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Pendidikan Kota Padang, Rusdi mengatakan, keseluruhan dana DAK yang didapat dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dapat digunakan dengan beberapa ketentuan.

Diantaranya, diperuntukkan untuk rehap ruang belajar, pembangunan ruang kelas baru, labor IPA, serta untuk bantuan komputer untuk menunjang proses pembelajaran, serta perlengkapan alat-alat labor dan prasarana lainnya.  “Dana DAK dapat digunakan jika memenuhi beberapa kriteria tersebut dan tidak dianggarakan untuk memenuhi kebutuhan lainnya,” katanya.

Ia mengatakan, sebagian besar dari dana DAK banyak digunakan untuk proses pembangunan berupa fisik sekolah. Hal ini karena, dalam proses pembangunannya membutuhkan dana yang lebih besar, sehingga sebagian besar dana diambilkan dari DAK.

Rusdi menuturkan untuk rehap ruang belajar dibutuhkan dana sekitar Rp1,6 M untuk perbaikan 31 ruang belajar, pembangunan ruang kelas baru dianggarkan dana sebesar Rp1,3 M, dan sebesar Rp1,1 M untuk pembuatan labor IPA di delapan sekolah.

Selain itu, untuk pengadaan peralatan dan alat labor  untuk 11 sekolah dianggarkan dana sebesar Rp2,67 M, serta pengadaan alat TIK kurang lebih Rp1 MDalam perenovasian ini membutuhkan dana kurang lebih Rp1,6 Milyar, dan selebihnya digunakan untuk memenuhi kebutuhan sekolah lainnya.“Dana pengadaan TIK yang diambilkan dari DAK berupa penyediaan komputer untuk proses pembelajaran, bukan untuk pembelian server atau bantuan sebagai penunjang agar bisa melaksanakan proses UNBK,” katanya.

Lanjutnya, Dinas Pendidikan senantiasa berupaya meningkatkan mutu dan kualitas sekolah, salah satunya dengan melengkapai sarana dan prasarana sekolah. Sehingga, sekolah dapat menjalankan fungsinya dengan sebaik mungkin dan dapat menghasilkan kualitas peserta didik yang lebih baik. (h/mg-eby)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]