BMKG dengan BPBD Pariaman Teken MoU


Kamis, 14 September 2017 - 01:58:12 WIB
BMKG dengan BPBD Pariaman Teken MoU WAKO Pariaman menerima catatan gelombang seismik gempa 30 September 2009. TRISNALDI

PARIAMAN, HALUAN - BMKG Stasiun Padang Panjang dengan BPBD Kota Pariaman lakukan penandatanganan perjanjian kerja sama (MoU) di Aula Balaikota, Rabu (13/7).
MoU yang dilakukan itu terkait erat dengan pemanfaatan informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami, cuaca ekstrem, iklim ekstrem, gelombang laut berbahaya, hot spot dan kabut asap untuk penanggulangan bencana di wilayah Kota Pariaman.
Menurut Walikota Pariaman, Mukhlis Rahman, melalui MoU ini, tentulah perjanjian kerjasama itu sangat membantu dan bermanfaat sebagai pedoman dalam menyikapi kondisi bencana yang terjadi, berdasarkan informasi yang diberikan BMKG nantinya.
“Pemerintah Kota Pariaman komit dalam menyikapi potensi bencana yang ada,” sebutnya.
Hal tersebut sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat dibidang kebencanaan.
Pemerintah mempunyai kewajiban memberikan rasa aman dan tentram kepada masyarakatnya dan siaga, tanggap dan tangguh menghadapi bencana.
Mitigasi bencana tidak hanya masalah kesiapsiagaan, tetapi juga tentang bagaimana kita mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan memohon perlindungan dan ridho-Nya.
Sementara Kepala BPBD Kota Pariaman, Yaminurizal menyebut, untuk tingkat Sumatera Barat, hanya Kota Pariaman mendapatkan pendampingan dari BNPB Pusat.
Pendampingan oleh BNPB itu melalui konsultan, baik sebagai tim penyusun, tim tenaga ahli maupun sebagai tim asistensi.
Dan yang lebih penting, bagaimana menyadarkan dan mencerdaskan masyarakat untuk dapat hidup dan bersahabat dengan kondisi bencana, melalui pembentukan Kelompok Siaga Bencana di tiap desa/kelurahan di Kota Pariaman.
MoU tersebut berlanjut dengan Rakor Penanggulangan Bencana dengan membahas Penyusunan Dokumen Rencana Penanggulangan Bencana (RPB) berdasarkan Indikator Ketahanan Daerah, dan Perbaharuan Dokumen Kajian Resiko Bencana. Hadir juga dalam acara tersebut Konsultan Pendamping BNPB Pusat Ri. (h/tri)


Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]