Pemko Sambut Tahun Baru Islam


Kamis, 14 September 2017 - 02:26:40 WIB
Pemko Sambut Tahun Baru Islam Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah bersama Kakankemenag, Japeri dan Kabag Kesra, Jamilus memukul bedug pembukaan lomba menyambut tahun baru Islam di pelataran parkir Masjid Nurul Iman, Rabu (13/9). MELATI OKTAWINA

PADANG,HALUAN--Pemerintah Kota (Pemko) Padang mengadakan berbagai kegiatan untuk menyambut tahun Islam 1439 H. Kegiatan itu dibuka Walikota, Mahyeldi Ansharullah di pelataran parkir Masjid Nurul Iman, Rabu (13/9).

Kegiatan tersebut dengan mengadakan berbagai macam lomba, memperebutkan total hadiah Rp82 juta. Adapun kegiatannya, lomba qasidah rebana antar majelis taklim pada 13 September. Musabaqah Syarhil Quran (MSQ) antar remaja masjid (14 September). Lomba dai cilik antar SD/MI (15 September), lomba drama Islami antar SMP/MTs, 18 September dan lomba Nasyid yang bakal digelar pada 19 September.

Untuk hadiah lomba qasidah rebana juara I, Rp7 juta, posisi II, Rp5 juta dan peringkat III uang pembinaan Rp3 juta. MSQ, juara I menerima hadiah Rp6 juta, juara II, Rp4,5 juta dan peringkat III, Rp3juta. Lomba dai cilik putra/i, masing-masing juara I, dapat uang pembinaan Rp5 juta, juara II, Rp4 juta, juara III,Rp3 juta.

Lomba drama Islami, juara I, Rp7 juta, juara II, Rp5 juta dan juara III,Rp3 juta. Sedangkan lomba nasyid, juara I, dapat uang pembinaan Rp7 juta, juara II, Rp5 juta dan juara III, Rp3 juta. Masing-masing juara seluruh kategori mendapatkan sebuah tropi tetap.

Sementara itu, Walikota Padang Mahyeldi pada pembukaan pekan Muharram tersebut menyebutkan, kegiatan itu untuk menyemarakkan dalam menyambut tahun baru Islam 1439 H.

"Pemko berupaya penyambut tahun baru Islam ini juga semarak penyambutan tahun baru masehi," ujarnya kepada Haluan.

Disebutkan, menyambut tahun baru Islam itu, Pemko telah mensosialisasikan kepada seluruh warga Padang agar mematikan televisi dari pukul 18.00 -21.00 WIB dengan mengisi kegiatan shalat magrib dan isya berjemaah, dan memperbanyak membaca Alquran.

Menurut Mahyeldi, penyambutan detik-detik tahun baru Islam tersebut sengaja diadakan di pelataran parkir Masjid Agung Nurul Imam dan tidak lagi di lapangan.

“Alasannya, jika di lapangan banyak warga yang tidak melaksanakan shalat, khususnya Magrib dan Isya jelang pergantian tahun itu,”sebutnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) Jamilus menyebutkan, tujuan menyemarakkan datangnya tahun baru Islam 1439 H, adalah memupuk persaudaraan sesama warga. Selain itu, evaluasi program keagamaan. Kegiatan itu diikuti ratusan peserta utusan dari masing-masing sekolah dan majelis taklim di 11 kecamatan.

“Tahun baru Islam juga harus kita sambut meriah, tidak hanya pada pergantian tahun masehi,”katanya. (h/mg-mel)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]