Ajak Masyarakat Mengenal Obat, Bupati Pasbar Canangkan Gema Cermat


Kamis, 14 September 2017 - 19:35:17 WIB

PASBAR, HARIANHALUAN.COM--Bupati Pasaman Barat, H. Syahiran mencanangkan Gerakan Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat ( Gema Cermat) di gedung Balerong Tuah Basamo Simpang Empat Pasaman Barat, Kamis (14/9).

Pencanangan sakaligus sosialisai Gema Cermat dihadiri oleh Dirjen Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kemenkes RI yang diwakili oleh Kasi Peningkatan Penggunaan Obat Rasional (POR), Erie Gusnelliyanti, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar yang diwakili oleh Kasi Kefarmasian, Yudi Hartati, kepala Dinas Kesehatan Pasbar, Haryunidra dan diikuti oleh peserta dari lembaga pemerintah terkait, organisasi profesi kesehatan, TP. PKK se-Pasaman Barat, organisasi kemasyarakatan dan lainnya.

H. Syahiran dalam sambutannya menyampaikan bahwa masyarakat Pasbar perlu dibekali pengetahuan tentang penggunaan obat secara rasional, tepat dan benar sehingga masalah yang timbul akibat mengkonsumsi obat secara bebas dan berlebihan dapat dihindari.

"lebih dari 60% persen masyarakat melakukan pengobatan sendiri atau swamedikasi dan sebagian dari mereka menyimpan obat keras dan antibiotik yang diperoleh tanpa resep dokter," ujar Syahiran.

Dikatakan, data tersebut merupakan data Susenas  dan hasil riset kesehatan dasar pada Tahun 2013. Oleh sebab itu, antisipasi swamedikasi perlu dilakukan, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mencanangkan Gema Cermat.

"Gema Cermat adalah upaya bersama pemerintah dan masyarakat dengan berbagai kegiatan dalam rangka mewujudkan kepedulian, kesadaran, pemahaman dan keterampilan masyarakat dalam menggunakan obat secara tepat dan benar," papar Syahiran.

Lanjutnya, penggunaan obat harus sosuai prosedur atau dengan resep dokter. Akan tetapi berbagai kendala yang akan ditemukan adalah kondisi geografis masyarakat yang tinggal di daerah terisolir mengakibatkan penerapan POR akan sulit dilakukan.

"Gema Cermat perlu secara intensif disosialisasikan kepada masyarakat Pasbar. Saya harap Dinkes Pasbar benar-benar mengambil peran besar dalam hal ini," ungkapnya.

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]