Trafo PLN Meledak, Warga Pondok Berhamburan 


Kamis, 14 September 2017 - 19:45:31 WIB
Trafo PLN Meledak, Warga Pondok Berhamburan  Petugas berusaha memadamkan api yang membakar trafo di Kawasan Pondok, Padang Selatan, Kota Padang, Kamis (14/9). ANGGA

PADANG,  HARIANHALUAN.COM - Warga jalan Niaga,  kelurahan pondok,  padang selatan berhamburan setelah mendengar ledakan keras dari samping Polsek Padang Selatan.  Dalam hitung sapa hitam pekat membimbung tinggi hingga masuk ke lantai dua Polsek.  Ternyata ledakan berasal dari konsleting di gardu Induk PLN yang terletak persis di damping Polsek Padang Selatan.  

Informasi yang dihimpun Haluan,  ledakan terjadi sekitar pukul 12.15 WIB.  Warga sekitar awalnya mengira ledakan bom karena mengeluarkan bunyi yang cukup keras.  Setelah dilihat ke sumber suara,  ternyata gardu listrik PLN sudah mengeluarkan asap hitam pekat. Sontak masyarakat baru sadar,  bersamaan bunyi ledakan,  lampu d sekitar lokasi langsung mati.  

Polisi yang berada di Polsek Padang Selatan langsung menghubungi pihak PLN untuk menghentikan percikan api di dalam gardu.

 Pasalnya masih terlihat percikan api di trafo listrik yang tepat berada didepan gardu.  
Pertugas pemadam kebakaran yang mendapatkan laporan,  langsung menerjunkan dua unit armada mobil pemadam kebakaran ke lokasi.  Dalam waktu 30 menit,  api berhasil dijinakkan. 

Cece (39),  salah seorang warga sekitar mengaku terkejut mendengar bun ledakan yang cukup keras.

Spontan dirinya dan orang-orang yang berada di rumah makannya keluar melihat apa hal yang telah terjadi. Ternyata,  asap hitam pekat mengepul di samping Polsek Padang Selatan.  

"Bunyi ledakannya keras.  Kami yang didekat sini kaget semua.  Kami kira bom yang meneror Polsek.  soalnya ada asap hitam disamping Polsek.  Ternyata Gardu PLN yang meledak," kata cece kepada Haluan,  Kamis (14/9) 

Ia juga mengatakan sesaat ledakan masyarakat tidak berani mendekat ke gardu karena takut terkena listrik.  Dari liar gardu hanya terlihat asap yang keluar.  Setelah petugas pemadam kebakaran datang,  barulah pintu gardu dibuka dan terlihat api sudah besar di dalam gardu. 

"Yang terbakar sepertinya alat listrik PLN.  Tidak menjalar kemana-mana.  Hanya didalam gardu saja api berkobar.  Kami bisa lihat api setelah petugas pemadam kebakaran membuka pintu gardu, " tambahnya. 
Kepala dinas pemadam kebakaran,  Hendrizal Azhar mengatakan setelah mendapat laporan dari Polsek Padang Selatan,  pihaknya langsung turun ke TKP dan berhasil menjinakkan api.  

Diduga api berasal dari konsleting listrik karena tercium bau kabel terbakar saat petugas membuma pintu.  

"Diduga karena konsleting. Makanya terjadi ledakan dan membakar gardu. Soalnya bau kabel terbakar sangat pekat tercium," kata Hendrizal Azhar.  

Sementara itu Humas PLN Kota Padang, Remialis saat dihubungi Haluan melalui seluler mengangkat.  (h/ang)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]