Sungai Batang Lolo Meluap, Lima Jorong di Solsel Terendam Lumpur


Jumat, 15 September 2017 - 00:52:05 WIB
Sungai Batang Lolo Meluap, Lima Jorong di Solsel Terendam Lumpur Warga yang terdampak meluapnya air Sungai Batang Lolo sibuk membersihkan material lumpur dari rumah mereka. JEFLI

SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM -- Setidaknya lima jorong dan sekitar 300 rumah warga terkena dampak meluapnya air sungai Batang Lolo dan satu rumah jebol karena material kayu di Batang Lolo Atas. Lima jorong itu yakni, Batang Lolo Atas, Batu Kulambai, Anak Lolo Bancah, Batang Lolo dan Jorong Sungai Rambutan di Kanagarian Pakan Rabaa Tengah, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh (KPGD), Solok Selatan (Solsel) pada Kamis malam pukul 20.30 WIB (15/9).

Hal itu disampaikan Pendamping PKH Solsel, Libreri pada Harianhaluan.com ketika dilokasi.

Material lumpur dan material kayu ikut terbawa arus sungai. Hingga berita ini diturunkan, warga bersama pihak nagari, kecamatan tim BPBD, Dinas Sosial (Dinsos) Solsel dan pihak kepolisian ikut membantu membersihkan material lumpur dari dalam rumah warga. Sekdakab Solsel, Yulian Efi, Kepala BPBD Solsel, Editorial turun langsung ke lokasi kejadian.

Pendamping PKH Dinsos Solsel, Libreri menyebutkan pihaknya tengah melakukan penjemputan peralatan dan logistik untuk mengevakuasi material serta bantuan pada warga. "Ada satu rumah permanen yang jebol oleh terjangan material kayu. Setidaknya ada tiga personil kecamatan yang dilokasi berkemungkinan tim kabupaten juga akan menyusul. Tadi juga ada warga yang kehilangan perangkat elektronik. Sampai saat ini warga masih sibuk membersihkan rumah dari lumpur dan belum ada yang mengevakuasi,"katanya.

Tim relawan tanggap bencana, Ready Indonesia, Riki Hendra mengatakan dampak yang ditimbulkan selain rumah warga air juga mengenai areal persawahan masyarakat. "Untuk data kerugian masih dalam pendataan. Baik ternak maupun areal pertanian. Cuman, warga masih waspada untuk hujan susulan, sekarang warga khawatir ada aktivitas longsoran di hulu sungai,"ungkapnya. (h/jef)

Baca juga: Air-sungai-meluap-akses-jalan-solsellubuk-selasih-lumpuh-total

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]