Peran PPID Perlu Diterapkan


Jumat, 15 September 2017 - 07:36:58 WIB
Peran PPID Perlu Diterapkan DEMI meningkatkan pelayanan publik serta mengoptimalkan peran PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi), Dinas Kominfo menggelar Bimtek, Kamis (14/9). OSNIWATI

PASBAR, HARIANHALUAN.COM Salah satu elemen penting dalam mewujudkan penyelenggaraan pemerintah yang terbuka adalah hak publik untuk memperoleh informasi sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Hak untuk memperoleh informasi juga sangat relevan dalam meningkatkan kualitas pelayanan dalam pengambilan keputusan masyarakat.

Demi meningkatkan pelayanan publik serta mengoptimalkan peran PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi), maka Dinas Komunikasi dan Informatika Pasaman Barat mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis dengan pesertanya pejabat Eselon III di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman Barat, Kamis (14/9).

"Adapun tanggung jawab PPID yaitu memberikan pelayanan dan informasi yang cepat, tepat sesuai dengan prosedur operasional. Dengan adanya PPID diharapkan menjadi cikal bakal dan sumber informasi, karena Dinas Komunikasi dan Informatika adalah corong dan gambaran seluruh kegiatan Pemerintah Daerah," papar Manus Handri dalam sambutannya.

Selanjutnya ia menyampaikan agar Diskominfo Pasaman Barat khususnya PPID untuk membentuk unit pelayanan 1 pintu, demi mewujudkan pelayanan kepada masyarakat.

Terkait pelayanan masyarakat, PPID dibawah naungan Diskominfo Pasaman Barat Membentuk sebuah unit layanan yang disebut dengan Saiyo Center (Sarana Informasi Pelayanan Berbasis Online) yang berfungsi untuk melayani seluruh pengaduan masyarakat Pasaman Barat, baik itu keluhan ataupun pengaduan yang dapat disampaikan langsung melalui sms, telepon, website ataupun langsung mendatangi kantor Dinas Komunikasi dan Informatika.

Pengaduan masyarakat dapat disampaikan ke nomor 08116668707, jelaskan Desyarti Sekretaris Diskominfo Pasaman Barat. Selanjutnya pesan yang dikirim akan ditampilkan di website unit layanan pengaduan Saiyo center. Dari pengaduan masyakat tersebut akan diproses sesuai dengan isi pengaduan dan akan diteruskan ke OPD terkait. Dan pengaduan ini akan direspon maksimal 3 X 24 jam.

"Klasifikasi kecepatan respon ditandai dengan pemberian warna tergantung dari kecepatan tanggapan pengaduan. Dan bagi OPD yang tidak responsif akan diberikan peringatan oleh system dan selanjutnya akan dilaporkan kepada pimpinan daerah,"terang Desyarti.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Pasaman Barat, Dalpesri Bahar mengajak kepada seluruh peserta yang hadir untuk segera melengkapi data, dan menjadi fasilitator di OPD masing - masing dalam menyusun daftar informasi publik.

"Kami dari Dinas Komunikasi dan Informatika akan terus berinovasi dan dalam waktu dekat akan segera melaunching aplikasi layanan pengaduan demi memudahkan dan meningkatkan pelayanan untuk masyarakat, ujar Dalpesri Bahar.

Bimtek PPID ini dilaksanakan di Gedung Pertemuan Pemerintah Daerah Pasaman Barat dengan narasumber, Kabid Layanan Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Barat, Indra Sukma S.Kom yang didampingi oleh Kadis dan Sekdis Komunikasi dan Informasi Pasaman Barat. (h/ows)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]