Pascabanjir Bandang di Solsel, Satu Unit PLTMH Hilang Terseret Lumpur


Jumat, 15 September 2017 - 15:58:21 WIB
Pascabanjir Bandang di Solsel, Satu Unit PLTMH Hilang Terseret Lumpur Kondisi pascabanjir bandang (galodo) di Nagari Pakan Rabaa, Kabupaten Solok Selatan, Jumat (15/9). Jefli

SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM-- Satu unit Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) di Jorong Batang Lolo Atas, Nagari Pakan Rabaa Tengah, Koto Parik Gadang Diateh (KPGD) Solok Selatan (Solsel) lenyap dibawa arus sungai bercampur lumpur, dan hanya meninggalkan lantai bangunan saja.

Turbin dan pembangkit ikut dihondoh oleh amukan Sungai Batang Lolo Atas pada Kamis (14/9) itu.

Walinagari Pakan Rabaa Tengah, Zulfikar Erawandi pada Harianhaluan.com pada Jumat (15/9) menyebutkan setidaknya ada sekitar 70 rumah tangga yang memanfaatkan daya listrik PLTMH tersebut.

"Dari dua jorong yakni Jorong Batang Lolo Atas dan Jorong Sungai Rambutan. Diperkirakan PLTMH itu menghasilkan daya sekitar 4-5 Megawatt (MW),"katanya.

Dengan ikutnya terbawa arus satu unit PLTMH itu, imbuhnya sehingga berakibat pada akses listrik warga sekitar. 

Sementara, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Solsel, terkait hanyutnya satu unit PLTMH itu pihaknya belum mengetahui pastinya. "Sabar dulu kita akan pastikan dulu,"katanya.

Ia menyebutkan, untuk masa tanggap darurat ditetapkan sejak Jumat hingga tujuh hari kedepan.

"Taksiran kerugian dalam bentuk rupiah belum bisa kita pastikan karena masih menunggu data dari OPD terkait. Seperti pertanian, perikanan dan Pekerjaan Umum belum kita dapatkan,"katanya.

Bantuan kebutuhan dasar bagi warga telah disalurkan, katanya berupa makanan pagi, sore dan malam akan dimasak dengan mendirikan dapur umum dikantor Kecamatan.

"Kemudian bagi warga yang betul-betul terdampak banjir akan didistribusikan sore ini berupa selimut, tikar dan pakaian,"katanya.

Kerusakan akibat banjir, imbuhnya selain rumah dan lahan pertanian warga juga terdapatnya kerusakan infrastruktur berupa irigasi, jembatan, sarana air bersih PDAM dan jalan. Data sementara, 42 unit rumah rusak berat, 6 unit rusak sedang dan 90 unit rusak ringan. "Untuk rusak ringan ada satu unit kantor walinagari,"tambahnya.(h/jef)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]