Andre Rosiade: Soal Anggaran Banjir, Mahyeldi Kreatif dong!


Sabtu, 16 September 2017 - 19:09:35 WIB
Andre Rosiade: Soal Anggaran Banjir, Mahyeldi Kreatif dong! Andre Rosiade
PADANG, HALUAN - Tokoh muda padang, Andre Rosiade meminta Walikota Padang, Mahyeldi lebih kreatif dalam mencari anggaran, untuk pengentasan banjir yang sudah jadi momok bagi warga kota. Menurut Andre, pengentasan banjir tak bisa dibebankan begitu saja pada APBD Padang.
 
Sebab itu, menurut Andre, Walikota Padang mesti bisa bertindak jadi pelobi handal, untuk membujuk pemerintah pusat mengelontorkan anggaran untuk pengentasan banjir. "Banjir Padang sudah akut, karena dibiarkan saja bertahun-tahun tanpa penanganan berkelanjutan. Masalahnya komplit. Itu sebab, butuh anggaran besar dalam pengentasannya. APBD Padang saja tidak cukup. Wako mesti bisa melobi pusat, agar mau membantu penanganan banjir di Kota Padang. Mahyeldi kreatif dong," terang Andre Rosiade, Wasekjen Gerindra yang dikenal memiliki jaringan luas di pusat.
 
Andre yang resah melihat polemik kota kelahiranya menuturkan, jika Wako memaksakan APBD digelontorkan secara penuh untuk penanganan banjir, akan membuat terganggunya stabilitas kegiatan di sejumlah APBD. Akan banyak anggaran yang dipangkas. "Jadi, Wako itu mesti kreatif. Punya link ke pusat, dan bisa membawa anggaran pusat ke daerah," tutur Andre.
 
Andre yang digadangkan akan menjadi lawan berat Mahyeldi pada Pilkada mendatang, jauh-jauh hari sudah punya pemecahan untuk masalah banjir di Padang. Punya link ke pusat, Andre akan membawa anggaran APBN dalam membangun insfratruktur di Kota Padang dan khususnya dalam pengentasan banjir. "Kuncinya, terpenting, niat dalam membangun itu lurus. Tidak melenceng ke tujuan lain. Seperti tujuan pencitraan semata, hanya ingin sekadar show, atau biar dianggap merakyat. Kalau ingin membangun, ya bangun. Jangan pula menumpangkan muatan politik," sebut Andre.
 
Senada dengan Andre, akademisi Unand, Asrinaldi juga mengatakan, Pemko Padang harus kreatif. Banyak anggaran di pusat yang bisa dijemput. Tapi, sekarang yang kurang dari birokrasi yang ada di Padang itu kreativitas. "Kita minta dalam mengentasan permasalahan banjir, birokrat lebih kreatif dalam mencari anggaran," kata Asrinaldi saat dihubungi wartawan, Sabtu (16/09/2017).
 
Dia melanjutkan, dinas terkait serta pimpinan yang ada di Padang harus main ke Jakarta. "Banyak anggaran yang bisa ditarik ke daerah. Persoalan saat ini, Walikota Padang, Mahyeldi masih tertumpu pada dana APBD. Wako mesti berpikir lebih untuk pengentasan banjir," ucap Asrinaldi.
 
Asrinaldi mengatakan, banyak hal yang dapat dilakukan oleh pemerintah daerah ke pusat. Seperti melobi untuk kerjasama dengan Japan International Cooperation Agency (JICA). "Ya, sekali lagi tergantung kepala daerahnya. Kalau masih menggarap dari dana APBD, tidak akan mampu dalam mengentaskan banjir," katanya. (h/*)
 
Editor: Bhenz Maharajo
 

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]