Peduli Bencana, Nofi Candra Turunkan Tim Salurkan Bantuan Korban Banjir Bandang Solsel


Sabtu, 16 September 2017 - 22:54:02 WIB
Peduli Bencana, Nofi Candra Turunkan Tim Salurkan Bantuan Korban Banjir Bandang Solsel SALURKAN BANTUAN—Tim NC Solidarity yang diwakili Efriyon Coneng menyalurkan bantuan untuk warga nagari Pakan Rabaa Tengah yang diterima oleh wali nagari Zulfikar Erawandi di kantor wali nagari setempat, Sabtu (16/9) YUTIS WANDI

Sejurus, melalui telepon seluler yang dihubungkan Efriyon Coneng,  wali nagari Pakan Rabaa Tengah itu kemudian membuka komunikasi dengan anggota Komite III yang membidangi masalah Pendidikan, Ekora, Pariwisata dan Sosial Budaya itu. 

Zulfikar mengungkapkan, dari 14 jorong yang ada di nagari yang berada di pinggir sungai yang berhulu di bukit Sako itu, empat jorong diantaranya terdampak banjir bandang yang membawa material lumpur dan potongan kayu bekas tebangan.

Jorong terdampak banjir itu adalah Batu Kulambai, Anak Lolo Bancah, Batang Lolo dan Sungai Rambutan.

Bencana yang terjadi kemaren, telah membuat sebanyak 300 unit rumah penduduk terdampak banjir, 25 rumah mengalami rusak berat dan lahan pertabian hampir 20 hektar rusak ditimbun lumpur dan kayu gelondongan.

“ Selain bantuan konsumsi, saat ini kita membutuhkan eskavator untuk membuang material lumpur dan pasir di areal persawahan dan rumah penduduk.,” ulasnya.

Zulfikar Erawandi sekaligus mengharapkan dukungan senator Nofi Candra agar ikut menggugah pemerintah pusat mengalokasikan program normalilasi Batang Lolo. Pihaknya bahkan telah mengajukan pengerukan sungai tersebut sejak 2013 lalu melalui pemerintah Kabupaten karena dasar sungai yang semakin dangkal.

“Sungai yang melintasi daerah ini sudah terlalu dangkal sehingga kalau terjadi  hujan lebat, badan sungai tidak kuat menampung tumpahan air dari hulu, sehingga kerap menimbulkan banjir,” tuturnya.

Terpisah, Nofi Candra yang dihubungi melalui aplikasi WatsApp mengaku telah  mendata kondisi dan mendengar aspirasi dari nagari Pakan Rabaa Tengah. Meski diakui, dirinya tidak dalam posisi memutus, karena dibatasi kewenangan secara kelembagaan, namun demikian senator yang juga wakil pimpinan PPUU DPD RI ini, akan tetap membawa persoalan ini ke sidang DPD-RI.

“Kami berupaya mendorong sebuah kebijakan pemerintah melalui kementrian terkait. Aspirasi dan suara dari masyarakat ini akan kita kawal sehingga nanti dilakukan normalisasi sungai,” kata Nofi Candra. 

Sementara dari pantauan Harianhaluan.com di lapangan, meski masih banyak rumah warga yang tergenang lumpur dan air, namun aktifitas warga sudah mulai berangsur normal.

Dibantu petugas dari BPBD Damkar Solok Selatan, TNI, Polri dan para siswa berseragam sekolah terlihat sibuk membersihkan rumah-rumah warga. Sejumlah alat berat dan mobil damkar juga telah dioperasikan. (h/ndi) 

 

Editor: Rivo Septi Andries

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]