Tahanan Kabur di Lapas Sijunjung, Personil Gabungan Lakukan Sweeping


Ahad, 17 September 2017 - 23:53:06 WIB
Tahanan Kabur di Lapas Sijunjung, Personil Gabungan Lakukan Sweeping

SIJUNJUNG,HALUAN-- Pasca terjadinya peristiwa dua belas orang warga binaan penghuni Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Muaro Sijunjung yang kabur atau melarikan diri dari lapas dengan cara melawan petugas pada Minggu (17/9) siang dan mengakibatkan satu orang menderita luka tusuk akibat benda tajam. Pihak kepolisian Resort Sijunjung bersama Personil Lapas Kelas II B Muaro Sijunjung serta Tim gabungan yang terdiri dari POM TNI Tanah Badantuang dan kejaksaan Negeri Sijunjung melaksanakan Sweeping besar-besaran, Minggu malam sekira pukul 22.00 WIB di Lapas Kelas II B Muaro Sijunjung yang dipimpin langsung oleh Wakapolres Sijunjung Kompol H Siregar melalui kabag Ops Kompol Didik Pujianto.

Dari infromasi yang diperoleh, Tim gabungan dari pihak Kepolisian resort Sijunjung yang menggunakan senajata lengkap melaksanakan operasi sweeping di lapas kelas IIB Muaro Sijunjung, tim gabungan menyisir dan mensweeping “kamar” para warga binaan Lapas satu persatu.

Kabag Ops Polres Sijunjung Kompol Didik Pujianto mengatakan bahwa sweeping tersebut dimaksudkan untuk mencegah agar kejadian serupa tidak terulang lagi serta menetralisir penghuni Lapas Kelas II B Muaro Sijunjung dari penggunaan senjata tajam, narkoba serta peralatan lainnya yang dianggap cukup membahayakan penghuni lapas ataupun petgas lapas.

“ Malam ini kita lakukan Sweeping di Lapas Kelas IIB Muaro Sijunjung bersama Tim Gabungan dari Polres Sijunjung, petugas Lapas Kelas IIB Muaro Sijunjung , personil POM TNI AD tanah Badantung dan kejaksaan Negeri Sijunjung serta anggota Kodim 0310/SSD sebagai antisipasi pasca kaburnya 12 orang warga binaan yang kabur dari lapas kelas II B Muaro Sijunjung dengan cara melawan dan melukai petugas Lapas yang terjadi pada Minggu siang kemarin,” ujarnya kepada wartawan, minggu (16/9).

Kompol Didik menambahkan bahwa hasil dari Sweeping tersebut belum bisa dipublikasikan, sebab saat ini pihaknya masih melakukan pendalaman atas barang barang yang ditemukan di kamar para narapidana atau penguni lapas Kelas IIB Muaro Sijunjung tersebut. “ Setelah barang barang yang kita temukan tersebut kita serahkan ke pihak lapas kelas IIB Muaro Sijunjung, maka selanjutnya kkita menunggu pihak lapas menyerahkan kepada kita selaku pihak kepolisian untuk dilaksanakan proses lebih lanjut,” tegasnya.

Pihaknya juga menuturkan bahwa saat ini pihak kepolisian dibantu aparat TNI dan petugas LAPAS serta warga masyarakat masih melakukan pencarian dan penyisiran di beberapa lokasi yang dicurigai menjadi jalur pelarian dari para narapidana yang melarikan diri tersebut. “ Saat ini kita masih melakukan pencarian sekaligus melakukan pengejaran terhadap para narapidana yang kabur dari Lapas kelas II B Muaro Sijunjung,” jelasnya.

 Didik juga menghimbau kepada seluruh warga kabupaten Sijunjung jika seandainya melihat atau mencurigai salah seorang yang mempunyai gerak gerik mencurigakan agar segera mungkin melaporkan hal tersebut kepada pihak kepolisian ataupun kepada pajabat Nagari guna menghindari main hakim sendiri. “Kita Himbau seluruh warga kabupaten Sijunjung agar melaporkan kepada bpihak kepolisian atauun aparat penegak hukm lainnya serta pejabat Nagari jika seandainya menemukan, mencurigai dan mengamankan seseorang pasca kaburnya narapidana di lapas Kelas II B Muaro Sijunjung dan jangan sampai main hakim sendiri,” tegasnya. (h/og)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]