Tiap 40 Detik, 1 Orang Bunuh Diri


Senin, 18 September 2017 - 16:59:29 WIB
Tiap 40 Detik, 1 Orang Bunuh Diri Ilustasi/Haluan

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Ikatan Psikologi Klinis HIMPSI dan Perhimpunan Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa Indonesia (PDSKJI) Sumbar menggelar diskusi pencegahan upaya bunuh diri di Sumbar. Diskusi ini dihadiri oleh psikolog dan dokter jiwa di komplek polomas Blok P6 Padang, Minggu (17/9).

Diskusi ini digelar dalam rangka, memperingati Hari Pencegahan Bunuh Diri Seduni 2017, dengan tema Take a Minute, Chenge a Life. Panitia pelaksana, Kuswardani mengatakan dengan diskusi ini bisa membangun kesadaran dan kepedulian keluarga, teman, lingkungan, masyarakat dan media cetak maupun elektronik terhadap isu global tentang Pencegahan Bunuh Diri.

"Data dari WHO tahun 2014 menunjukkan bahwa, bunuh diri adalah penyebab kematian kedua terbanyak secara global, pada usia 15-29 tahun. Sedangkan di Asia Tenggara, bunuh diri di rentang usia 15-29 tahun tersebut menjadi penyebab kematian no.1. Setiap tahun, lebih dari 800.000 orang meninggal karena bunuh diri, atau berarti 1 orang akan meninggal tiap 40 detik," kata Kuswardani yang merupakan psikolog ternama di Sumbar ini.

Ditambahkanya, pencegahan tidak bunuh diri ini merupakan tanggung jawab bersama, tidak hanya Psikolog. Namun peran penting keluarga di sini sangat dibutuhkan, karena keluarga lah yang mengetahui lebih mendalam ataupun lebih dekat dengan mereka.

"Mari kita semua menjadi leader dalam pencegahan bunuh diri, ini adalah tanggung jawab kita," ujarnya.

Sementara, dr. Sinta Prima dalam materinya menyampaikan, bunuh diri itu tidak disebabkan oleh faktor tunggal. Namun, ada peran faktor biologis, psikologis dan sosial (multifaktor) dalam setiap kasus bunuh diri itu.

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]