3.877 Jemaah Sudah Kembali Melalui BIM


Senin, 18 September 2017 - 17:02:54 WIB
3.877 Jemaah Sudah Kembali Melalui BIM Dokumentasi Haluan

 

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Jemaah haji kelompok terbang (Kloter)10, telah sampai di Bandara Internasional Minangkabau pukul 08.08 WIB, Minggu (17/9). Sebanyak 390 orang yang tergabung di kloter 10 ini berasal dari kabupaten Dharmasraya, Kota Sawahlunto, Kabupaten Solok Selatan dan Kota Padang.

Sampai saat ini Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi haji Padang telah memulangkan jemaah haji ke Tanah Air sebanyak 3.877 orang dari 6.349 jemaah yang diberangkatkan ke Tanah Suci.

Dari data yang dihimpun Haluan, sampai saat ini terdapat 18 jemaah haji yang dinyatakan meninggal dunia di Arab Saudi yang berasal dari Sumbar yaitu: Emdanlz Mukntaruddin Abdullan (60) Asal Padang, Syamsul Bahrl Munaf (60) asal Padang, Rafilis Rustam Yusup (56) asal Dharmasraya, Siti Warifah Muhammad Djafar (78) asal Padang Panjang, Suswita Khatib Sof (57) asal Limapuluh Kota, Abdul Wahab Japaranginon (80) asal Pasaman, Zainur Syam (75) asal Pasaman, Raden Syaiful Anwar (58) asal Limapuluh Kota, Basril Sibas Busan (66) asal Padang, Nuraini Munaf Amik (64) asal Tanah Datar, dan Yusrizal Sabirin Sidi (69) asal Agam.

Sedangkan Embarksi Padang asal Provinsi Bengkulu adalah Nurma Waty Syahbudin (61) asal Bengkulu Tengah, Muhammad jafri Muin (78) asal Muko-muko, Muslim Gadham Besi (62) asal Bengkulu, Nurma Wahi Aman (66) asal Rejang Lebong, Husin Sainuri Jahri (70) asal Kepahiang, Pelettai Daudek Bailuk (67) asal Seiluma dan Alaini Runa Zainudding (67) asal Kepahiang.

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Syamsuir Ilyas mengtakan jemaah haji Embarkasi Padang yang meninggal di Arab Suadi, banyak di antaranya karena faktor usia. "Rata-rata selain ada yang sakit, sebagian besar para jemaah sudah lansia," terang Syamsuir.

Sementara, pada Kloter 10 ini saja terdapat beberapa orang jemaah haji yang kelelahan, karena menempuh perjalanan panjang dari Arab Saudi ke BIM. "Para orangtua kita itu terpaksa harus dibawa ke embarkasi manggunakan ambulans," katanya.

Sementara, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sumbar, Salman selalu memberikan motivasi kesehatan dan ibadah kepada jamaah yang tiba di tanah air. "Jika waktu berangkat dulu ada jamaah tertua dan termuda, hari ini ketika pulang dari tanah suci semuanya terlihat muda. Bapak dan ibu juga terlihat lebih bersemangat walaupun diramekan karena batuk”, kata Salman. (h/mg-hen)

 

Editor: Rivo Septi Andries

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]