Pantau Lalin di Padang, 21 CCTV Akan Dipasang


Senin, 18 September 2017 - 17:11:05 WIB
Pantau Lalin di Padang, 21 CCTV Akan Dipasang Ilustasi.NET

PADANG, HARIANHALUAN.COM—Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Perhubungan akan memasang 21 kamera pemantau atau Closed Circuit Television (CCTV). Direncanakan pemasangan dilakukan setelah perubahan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD-P) disahkan.

“Sebagian barang sudah terpasang, tinggal penambahan beberapa perlengkapan barang. Setelah APBD-P disahkan semua akan terpasang,”ujar Kepala Dinas Perhubungan Kota Padang kepada Haluan, Minggu (17/9).

Disebutkan Dedi, 21 titik pemasangan CCTV tersebut antara lain di persimpangan Jalan A Yani, Adabiah, Alai, ujung Gurun, Alang Lawas, Ganting, Simpang Haru, Sawahan, dan Jati.

“Titik yang sudah memiliki CCTV sebelumnya, selanjutnya akan dipelihara agar berfungsi dengan baik,”katanya.

Dikatakan Dedi, pemasangan CCTV guna memantau lalu lintas di Kota Padang, agar lebih jelas. Selain itu, juga berguna untuk keselamatan pengendara di Jalan.

Sebab, selama ini masih banyak ditemukan pengendara yang melanggar lalu lintas. Seperti menerobos lampu lalu lintas, tidak memakai helm dan pelanggaran terhadap lalu lintas lainnya, meskipun rambu-rambu telah terpasang.
 

“CCTV yang dipasang juga akan dilengkapi dengan pengeras suara, guna memberikan sosialisasi mengenai kesadaran berlalu lintas kepada masyarakat,”ujar mantan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran ini.

Lebih lanjut dikatakan Dedi, jika ditemukan pengendara melanggar lalu lintas. Seperti melebihi batas zebra cross atau kendaraan roda empat yang berhenti di ruang henti kendaraan roda dua, maka secara otomatis akan diketahui. Kemudian, petugas yang memantau melalui monitor akan langsung menegur si pengendara melalui pengeras suara.

“Dengan dipasang CCTV yang dilengkapi dengan pengeras suara, pengendara melanggar rambu-rambu lalu lintas akan terpantau jelas,”katanya.

Sebelumnya, Kasat Lantas Polresta Padang, Kompol Asril Prasetya. Menyebut, belum ada instruksi maupun fasilitas untuk memberlakukan sisten tilang CCTV saat ini untuk wilayah hukum Polresta Padang.

Dikatakannya, untuk memberlakukan tilang CCTV, harus ada fasilitas dan instruksi dari Kakorlantas Mabes Polri. Sampai saat itu, dua hal tersebut belum ada.

"Instruksi dari Mabes Polri belum ada. Termasuk fasilitas alat-alat yang mendukung tilang CCTV ini. Harus tajam kamera CCTV nya dan ada pengeras suara di lampu merah serta alat lain. Alat seperti ini belum ada satupun di persimpangan lampu merah di Kota Padang," katanya. (h/mg-mel)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 19 Maret 2020 - 13:19:23 WIB

    Padang Terus Pantau Warganya yang Pulang dari Luar Negeri

    Padang Terus Pantau Warganya yang Pulang dari Luar Negeri PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Dinas Kesehatan terus memantau warganya. Terutama warga yang baru kembali dari daerah yang terjangkit Corona Virus Disease (Covid-19). Ini dilakukan agar Covid-19 tidak menyebar kemana-mana..
  • Selasa, 28 Juni 2016 - 06:24:50 WIB
    Belum Ditemukan Di Sumbar

    BPOM dan Dinkes Pantau Peredaran Vaksin Palsu

    BPOM dan Dinkes Pantau Peredaran Vaksin Palsu PADANG, HALUAN — BP­OM Padang dan Dinkes Sum­bar turun ke lapangan setelah terkuaknya kasus peredaran vaksin balita palsu, pasca­penggerebekan yang dilaku­kan Direktorat Tindak Pidana Eko­nomi Khusus Bareskrim Pol­ri,.
  • Senin, 11 Januari 2016 - 03:21:41 WIB

    Walikota Pantau Kota dengan Bersepeda

    Walikota Pantau Kota dengan Bersepeda PADANG, HALUAN — Sam­bil berolahraga, Walikota Pa­dang H. Mahyeldi Dt Marajo memantau kota dengan me­naiki sepeda. Hal ini dila­kukannya, Sabtu (9/1) ke­marin. Jika dihitung-hitung, walikota dengan sepedanya menempuh .
  • Rabu, 06 Januari 2016 - 03:04:57 WIB

    Tiap Pagi, Walikota Suruh Camat Pantau Sampah

    PADANG, HALUAN — Walikota Padang H Mahyeldi Dt Marajo bercita-cita Kota Padang menjadi kota yang bersih dan sehat. Karena itu, walikota berkeinginan pada pagi hari, Kota Padang nihil dari sampah yang berserakan..
  • Senin, 17 Agustus 2015 - 18:58:54 WIB

    KPU Pantau Penghuni Lapas Hingga H-1

    PADANG, HALUAN — Ko­misi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang akan terus memantau warga lem­baga pemasyarakatan (lapas) Kelas IIA Muaro Padang yang termasuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) hingga H-1 hari.


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]