UNP Anugerahi Megawati Soekarno Putri Gelar Doktor Kehormatan


Selasa, 19 September 2017 - 14:22:37 WIB
UNP Anugerahi Megawati Soekarno Putri Gelar Doktor Kehormatan Rektor UNP Prof Ganefri bersama Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, dan Alex Lukman di UNP.

PADANG, HALUAN - Presiden kelima Indonesia, Megawati Soekarno Putri direncanakan menerima gelar doktor honoris causa dari Universitas Negeri Padang (UNP). Gelar diberikan pada 27 September mendatang. 

Kepastian pemberian gelar doktor honoris causa ke Megawati didapat usai rapat senat yang digelar UNP. Menindaklanjuti rencana pemberian gelar itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto menggelar pertemuan dengan Rektor UNP Prof Ganefri, Selasa (19/9) siang. “Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati dinilai berhasil mengubah paradigma pendidikan nasional sejak awal reformasi yang dampak manfaatnya dirasakan sampai sekarang,” ujar Rektor Universitas Negeri Padang Prof Ganefri di Kampus UNP.

Ganefri menyatakan, doktor kehormatan diberikan karena rekam jejak Megawati yang cukup panjang dan fenomemal di bidang politik pendidikan. “Ibu Megawati luar biasa berjasa dalam sistem pendidikan nasional ketika beliau saat menjabat sebagai presiden telah mengubah paradigma pendidikan nasional,” ujarnya.

Menurut Ganefri, lahirnya UU Sisdiknas No 20 tahun 2003 ketika Megawati menjabat sebagai Presiden mengimplementasikan amanat konstitusi tentang alokasi 20 persen dana APBN untuk pendidikan. “UU Sisdiknas jelas-jelas mencantumkan tujuan pendidikan untuk membentuk manusia Indonesia yang berakhlak mulia sebagai realisasi dari nation and character building, pembentukan karakter bangsa yang didengungkan oleh Presiden Soekarno berkali-kali pada masa awal berdirinya Republik Indonesia,” ujar Ganefri.

Sementara itu, Hasto Kristiyanto mengatakan gelar doktor honoris causa ini merupakan kehormatan bagi Megawati, keluarga dan warga PDI Perjuangan. "Kami mengucapkan terima kasih yang tulus atas penghargaan yang diberikan untuk ibu Megawati dan kontribusi beliau," tutur Hasto di hadapan sejumlah pemimpin redaksi dan wartawan di Padang.

Hasto yang didampingi anggota DPR Alex Indra Lukman

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 10 September 2020 - 09:38:03 WIB

    Akibat Hujan Deras, Taksi Bluebird Terperosok ke Banda Kali Dekat UNP

    Akibat Hujan Deras, Taksi Bluebird Terperosok ke Banda Kali Dekat UNP HARIANHALUAN.COM - Hujan deras yang terjadi pada Rabu (9/9) malam hingga Kamis (10/9) pagi menyebabkan beberapa titik banjir di Kota Padang..
  • Sabtu, 29 Februari 2020 - 11:57:59 WIB
    Diperiksa Setengah Hari Usai Ditetapkan Tersangka

    Oknum Dosen Cabul UNP Resmi Jadi Tahanan Polda Sumbar

    Oknum Dosen Cabul UNP Resmi Jadi Tahanan Polda Sumbar PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Masih ingatkah dengan kasus pencabulan yang dilakukan oleh oknum dosen di Universitas Negeri Padang (UNP)? Usai diperiksa oleh tim penyidik Dirreskrimum Polda Sumbar selama setengah hari pada Jumat.
  • Selasa, 25 Februari 2020 - 20:50:46 WIB

    Heboh..! Ada Peluru Nyasar di UNP, Punya Siapa Ya?

    Heboh..! Ada Peluru Nyasar di UNP, Punya Siapa Ya? PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Civitas akademika di Kampus Universitas Negeri Padang (UNP) dikejutkan dengan temuan proyektil peluru di gedung LP2M lantai III kampus tersebut pada Selasa (25/2) sekitar pukul 11.30 WIB. Namun, hi.
  • Kamis, 20 Februari 2020 - 16:44:45 WIB

    Gelar Perkara Hari Ini, Oknum Dosen Cabul UNP Jadi Tersangka?

    Gelar Perkara Hari Ini, Oknum Dosen Cabul UNP Jadi Tersangka? PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Setelah melalui pemeriksaan yang cukup alot, Polda Sumbar masih belum memberikan status terhadap oknum dosen UNP yang diduga melakukan tindak asusila di toilet kampus pada Desember lalu. .
  • Senin, 03 Februari 2020 - 16:58:15 WIB

    Dipanggil Polda Sumbar, Dosen UNP Diduga Asusila Mangkir

    Dipanggil Polda Sumbar, Dosen UNP Diduga Asusila Mangkir PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Setelah melakukan pemeriksaan yang panjang terhadap saksi-saksi dan korban, Polda Sumbar akhirnya melakukan pemanggilan terhadap dosen muda UNP yang diduga melakukan tindak asusila di toilet kampus.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]