Hanya Tujuh Daerah Serius Majukan Pariwisata


Selasa, 19 September 2017 - 17:32:06 WIB
Hanya Tujuh Daerah Serius Majukan Pariwisata Sceenshot

PADANG, HARIANHALUAN.COM— Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, menyatakan, tidak semua kepala daerah di Sumbar peduli terhadap kemajuan pariwisata. Ia menilai kepedulian kepala daerah tersebut bermacam-macam, ada yang 40 persen, ada 60 persen, dan ada yang 100 persen. Kepedulian itu bisa dilihat dari porsi dana APBD tiap-tiap daerah untuk pariwisata.

Karena itu, menurut Irwan, membangun pariwisata tidak bisa setengah hati. Sebaliknya, membangun pariwisata memerlukan keseriusan kepala daerah. Keseriusan itu dibuktikan dengan anggaran, kebijakan, prioritas destinasi wisata, dan rencana matang.

Hal itu disampaikan Irwan pada acara penandatanganan nota kesepahaman antara Pemprov Sumbar dan pemerintah kabupaten/kota dan lembagai lainnya di Auditorium Gubernuran, Senin (18/9). Tujuh kabupaten/kota di Sumbar terlibat dalam penandatanganan nota kesepahaman tersebut, yakni Padang Pariaman, Pesisir Selatan, Agam, Mentawai, Sawahlunto, Pariaman, dan Bukittinggi.

Irwan menilai, tujuh daerah itu serius memajukan sektor pariwisata, yang dibuktikan dengan kematangan perencanaan, pengalokasian anggaran, dan destinasi wisata prioritas. Seriusan tujuh daerah itu diikat dengan nota kesepahaman sebagai komitmen bersama untuk memajukan pariwisata. Komitmen tersebut nantinya dituangkan ke dalam perjanjian kerja sama. “Pemprov Sumbar akan menyokong penuh tujuh daerah itu, mulai dari pematangan rencana hingga penganggarannya. Setelah ini akan ada daerah yang akan ditunjuk dengan catatan sudah merespons program-program pariwisata yang dilontarkan pemprov kepada tiap-tiap daerah.

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]