Hasto: Cakada Jangan Terjebak Permainan Investor Politik


Selasa, 19 September 2017 - 17:43:01 WIB
Hasto: Cakada Jangan Terjebak Permainan Investor Politik TEKS FOTO: Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto bersama Ketua DPD PDI Perjuangan Sumbar, Alex Indra Lukman memaparkan program partainya dalam menghadapi Pilkada serentak dan Pilpres 2019 di Mercure Hotel, Padang, Selasa (19/9) siang.

PADANG, HALUAN – Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto mewanti-wanti para calon kepala daerah (Cakada), untuk tidak terjebak dalam permainan kotor para investor politik. Investor politik, menurut Hasto adalah orang yang mau saja mengelontorkan suntikan dana kampanye kepada calon, dengan maksud tertentu.

“Masa seperti sekarang, investor politik banyak berkeliaran. Mereka mengimingi para calon dengan suntikan modal untuk kampanye. Biasanya yang dipilih itu calon yang memiliki elektabilitas tinggi, yang peluang menangnya besar. Setelah dana diberikan, dan calon tersebut dipilih, lalu investor politik itu mulai menggerogoti pemerintahan, terutama soal pengaturan proyek,” terang Hasto ketika bertemu dengan pimpinan media di Hotel Mercure, Padang, Selasa (19/9).

Keberadaan investor politik, menurut Hasto, sebenarnya merupakan jebakan kepada kepala daerah. Mau tidak mau, atau dengan alasan balas budi, kepala daerah akhirnya terpaksa mengikuti maunya sang investor. “Kepala daerah sama saja menggali lubang sendiri. Ikut permainan investor politik, ancamannya berbahaya. Sebab itu, para calon kepala daerah, terutama yang diusung dan didukung PDI Perjuangan, diminta hati-jati. PDI Perjuangan secara tegas menolak keberadaan investor politik tersebut,” ucap Hasto yang didampingi Ketua DPD PDI Perjuangan Sumbar, Alex Indra Lukman, dan Ketua DPC Padang, Albert Hendra Lukman.

Untuk menghindari jebakan investor politik, PDI Perjuangan jauh-jauh hari sudah membuat sekolah bagi calon kepala daerahnya. Sekolah para calon kepala daerah penting untuk melahirkan pemimpin visioner yang merakyat, dan menjadi langkah tahapan strategis Pilkada Serentak 2017. Dalam sekolah itu, juga dilakukan survei, psikotes dan rekam jejak para calon untuk dicermati. Bila lolos selanjutnya ada persiapan sekolah untuk calon kepala Daerah.

"Sekolah calon kepala daerah menjadi bukti keseriusan partai dalam menyiapkan pemimpin. Materi berkaitan dengan strategi pemenangan Pilkada dengan kekuatan gotong royong, tata pemerintahan yang baik, kebijakan pemerintahan pro rakyat, termasuk politik anggaran untuk rakyat," kata Hasto.

Peserta juga diberikan materi berkaitan dengan tata pemerintahan anti korupsi sebagai cermin wajah etika kekuasaan yang membangun peradaban. “PDI Perjuangan konsisten memerangi korupsi. Di tubuh partai, jelas digariskan, siapa yang terbukti melakukan korupsi diberi sanksi tegas. Kami mengedepankan pencegahan dengan cara edukasi dan membangun sistim yang terbuka,” beber Sekjen PDI Perjuangan tersebut.

Sekolah calon kepala caerah menjadi bukti keseriusan PDI Perjuangan di dalam menyiapkan pemimpin. Sejumlah politisi, termasuk kepala daerah yang dianggap berhasil, didapuk sebagai pemateri. Mereka diberi kesempatan untuk menyampaikan keseluruhan konsepsi pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat tersebut. Hasto menerangkan, dengan diadakannya Sekolah Para Calon Kepala Sekolah, PDIP berupaya terus melakukan pembenahan dan menjawab kritik yang diberikan ke partai melalui langkah-langkah perbaikan. “Pemateri bukan hanya dari internal partai, tapi juga dari luar. Seperti Ridwan Kamil, pernah diundang sebagai pemateri karena dianggap sebagai kepala daerah yang berhasil,” lanjut Hasto.

Untuk menghadapi empat Pilkada di Sumbar, PDI Perjuangan menurut Hasto sudah membuka pendaftaram. Para kader atau tokoh yang merasa memiliki semangat untuk membangun, dan mengabdi kepada masyarakat, diminta untuk mendaftar di PDI Perjuangan. (h/ben)

 

 

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 17 Juli 2018 - 20:32:47 WIB

    Hasto: Pengacara Rizieq dan Pendiri PKS Nyaleg di PDIP

    Hasto: Pengacara Rizieq dan Pendiri PKS Nyaleg di PDIP JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Berbagai kejutan yang menggemparkan publik terjadi di kancah dunia politik, sekaitan pendaftaran calon anggota legislatif dari sejumlah partai ke KPU pada hari terakhir pendaftaran, Selasa (17/7)..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]