Dukung Program JKN-KIS, RSUD Sawahlunto Tingkatkan Pelayanan


Selasa, 19 September 2017 - 18:20:13 WIB
Dukung Program JKN-KIS,  RSUD Sawahlunto Tingkatkan Pelayanan Direktur RSUD Kota Sawahlunto,dr. Lusi Dewina (tengah) foto bersama Kepala Bidang SDM Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Solok,Agusrianto(kiri) dan Kepala Bidang Penjaminan Mamfaat Rujukan BPJS Kesehatan C

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM-  Dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas Program Jaminan Kesehatan Nasional- Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sawahlunto terus berkomitmen meningkatkan pelayanan bagi peserta JKN-KIS.

Direktur RSUD Sawahlunto, dr Lusi  Dewina di Kota Sawahlunto,Selasa (19/9), mengatakan, sejak era JKN-KIS  sampai sat ini, kinerja dan pelayanan RSUD Sawahlunto terus mengalami peningkatan. Salah satu pemicu terjadinya perbaikan kualitas pelayanan rumah sakit ini adalah karena adanya sytem yang mengikat keteraturan pelayanan yang diberikan RSUD terhadap klien atau pelanggan RSUD Sawahlunto.

“Seluruh pelayanan di rumah sakit ini terus diperbaiki,mulai dari pintu masuk rekam medis, sampai ke  unit pelayanan dan unit penunjang  lainnya yang akan  didapatkan pasien. Sejak tahun 2014 pelayanan yang diberikan terus membaik dan   sudah mengikuti alur  serta sesuai dengan yang ditetapkan JKN-KIS,”ujar dr Lusi  Dewina.

Lebih jauh dikatakannya,RSUD Sawahlunto terus berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan bagi peserta JKN-KIS, yaitu dengan terlebih dahulu menertibkan petugas. Seluruh petugas ditertibkan mulai dari segi jam pelayanan sampai dengan ketertiban dalam memberikan pelayanan kepada pasien. Mereka dituntut bekerja sesuai dengan SOP dan alur pelayanan yang ada di RSUD ini, sehingga tidak ada lagi pasien yang menunggu terlalu lama.

Sedangkan terkait dengan ketersediaan obat obatan  dan bahan habis pakai yang dibutuhkan oleh pasien. Baik pasien  rawat jalan maupun rawat inap, semuanya sudah dimalai dari perencanaan di masing masing ruang pelayanan. Sehingga dalam memberikan pelayanan  tidak ada lagi pasien yang  tidak tertanggulangi obat obatannya.

Dikatakan Lusi Dewina, untuk lebih memperkuat dukungan terhadap program JKN-KIS, sekali dalam sebulan diadakan pertemuan bulanan dengan agenda diskusi dengan tema  yang berkaitan dengan perbaikan pelayanan.

            “Dalam pertemuan bulanan itu, seluruh lini pelayanan yang ada di RSUD Swahlunto  yang terkait dengan rawat inap,rawat jalan kemudian yang non perawatan duduk bersama membicarakan peningkatan pelayanan terhadap pasien. Sehingga seluruh civitas yang ada di RSUD ini betul betul memahami bagaimana cara memberikan pelayan terbaik dan mememnuhi regulasi,”kata dr, Lusi Dewina.

Ditambahkannya, bagaimanapun juga rumah sakit ini tentu memiliki keketrbatasan,terutama keterbatasan infrasruktur. Jika untuk mengatasi keterbatasan itu harus melibatkan pemerintah kota,maka RSUD Sawahlunto akan melakukan advokasi. (h/eri)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]