Operasional  KA-BIM Ditunda Lagi


Rabu, 20 September 2017 - 15:03:43 WIB
Operasional  KA-BIM Ditunda Lagi Dokumentasi Haluan

"Sebelum mengoperasikan railbus itu, kami akam melakukan uji coba rel agar tidak ada kendala," ucapnya.

Saat ini, kata Sulthon, PT KAI memiliki empat kereta api yang melayani masyarakat. Tiga di antara kereta itu adalah kereta api standar, sedangkan satu kereta lagi jenis railbus. Jumlah kereta api itu menjadi tujuh PT KAI memiliki tujuh apabila tiga kereta api BIM beroperasi pada tahun depan.

"Jika sudah ada tujuh set kereta api di Sumbar, kami yakin bisa melayani penumpang ke Pariaman maupun ke BIM. Saat ini, pada hari-hari libur, Sabtu-Minggu, kami kewalahan dengan tingginya animo masyarakat menggunakan kereta api ke Pariaman. Sabtu-Minggu itu jadwal padat, bahkan penumpang ada yang berdiri. Untuk itu, kami harus menambah gerbong untuk melayani penumpang. Mudah-mudahan jika sudah ada kereta api baru, semuanya bisa dipenuhi," tuturnya.

Selain melayani penumpang, kata Sulthon, pihaknya berencana melayani angkutan barang berupa sawit yang ada di Nareh, Padang Pariaman, ke Teluk Bayur Permintaan tersebut sudah ada. Karena itu, pihaknya segera merealisasikannya. Terealisasinya angkutan barang tersebut akan memberikan alternatif jasa angkutan barang bagi masyaraka.

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, berharap tidak ada lagi penundaan pengoperasian kereta api itu. Menurutnya, beroperasinya kereta api di BIM akan memudahkan masyarakat dari Padang menuju bandara dan sebaliknya. (h/dib)

 

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]