Bangun Resort Dengan Terumbu Karang, Dirut Suwarnadwipa Mulai Disidang


Rabu, 20 September 2017 - 15:18:01 WIB
Bangun Resort Dengan Terumbu Karang, Dirut Suwarnadwipa Mulai Disidang Eks Direktur Utama PT Suwarnadwipa Wisata Mandiri, terdakwa Irawan Gea (39) menjalankan sidang atas kasus perusakan terumbu karang yang menjerat dirinya, di Pengadilan Negeri kelas I A Padang, selasa (19/9). YUHENDRA.

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Diduga melakukan perusakan terumbu karang, Direktur Utama PT Suwarnadwipa Wisata Mandiri, terdakwa Irawan Gea (39) mulai menjalani persidangan di Pengadilan Negeri kelas I A Padang, selasa (19/9).

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Bastian Subuh terdakwa malakukan pengrusakan terhadap terumbu karang di Pulau Suwarnadwipa, Muaro Duo, Kelurahan Teluk Kabung Selatan, Kecamatan Teluk Kabung Bungus Kota Padang, yang digunakan untuk material bangunan resortnya.

"Terdakwa memerintahkan seorang tukang bernama Jefalino Andika, untuk mengambil dan mengumpulkan terumbu karang yang ada di sekitar untuk pembangunan resort," kata Bastian saat membacakan dakwaanya.

Disebutkanya, perbutan perbuatan yang menjerat terdakwa berawal ketika Irawan Gea membuat perjanjian sewa lokasi di Muaro Duo, pada 29 September 2014 dengan Ninik mamak setempat, selama 20 tahun dengan sewa sebesar Rp35 juta, dan didaftarkan ke notaris pada 13 Oktober 2014.

Berdasarkan itu, terdakwa bersama dua rekannya mendirikan PT Suwarnadwipa Wisata Mandiri, yang terdaftar di akta notaris pada 6 November 2014. Terdakwa kemudian memerintahkan seorang tukang Jefalino Andika, mengambil terumbu karang yang ada di sekitar resort PT Suwarnadwipa Wisata Mandiri.

Dalam dakwaan disebutkan terumbu karang itu digunakan untuk membangun cottage, gazebo, shower, dapur, plank merek, dan selokan penahanan gelombang. Diketahui terumbu karang yang digunakan adalah 163,64 meter kubik.

Perbuatan tedakwa disebut jaksa telah menimbulkan kerugian ekonomis perikanan sebesar Rp2,5 miliar lebih, dan kerugian biaya perawatan terumbu karang mencapai Rp1,87 miliar. Perbuatan terdakwa melanggar pasal 86 ayat (1), Juncto (Jo) pasal 12 ayat (1) Undang-undang 31 tahun 2004 tentang Perikanan, Jo pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Sementara itu, penasehat hukum (PH) terdakwa Mendrofa, menyatakan keberatannya atas dakwaan yang dibacakan jaksa, ia akan mengajukan eksepsi atas dakwaan dari JPU tersebut. Tidak hanya itu, ia sedikit kecewa karena tidak diberikan JPU Salinan tuntutannya.

"Padahal berkas itu penting bagi pihak kami untuk melakukan pembelaan atau keberatan (eksepsi) nanti, itu tidak sesuai dengan pasal 143 ayat (4) KUHAP," katanya

Ia juga berpendapat perkara itu harusnya dilimpahkan ke Pengadilan Painan, bukan Padang. Karena menurutnya, peristiwa pidana yang menjerat terdakwa bukan Padang, tetapi sudah berada di daerah adiministrasi Kabupaten Pesisir Selatan.

Selain itu ia juga meminta agar penegak hukum menjerat terdakwa lain dalam kasus itu, Kliennya disebut menyuruh seseorang mengambil terumbu karang, tentu harus dicari siapa yang disuruh itu, jadikan terdakwa terlebuh dahulu. (h/mg-hen)

 

Editor: Rivo Septi Andries


 

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 06 September 2020 - 08:11:12 WIB

    Negara Ini Gerah dengan China, Bahkan Desak AS Bangun Pangkalan Militer

    Negara Ini Gerah dengan China, Bahkan Desak AS Bangun Pangkalan Militer HARIANHALUAN.COM - Upaya China dalam mendominasi Laut China Selatan dan wilayah sekitarnya membuat sejumlah negara gerah. Oleh karena itu, banyak negara mulai bertindak untuk menentang klaim China tersebut. Salah satun.
  • Rabu, 02 September 2020 - 15:53:51 WIB

    Bahaya, Benarkah China Mau Bangun Pangkalan Militer di Indonesia?

    Bahaya, Benarkah China Mau Bangun Pangkalan Militer di Indonesia? HARIANHALUAN.COM - Sebuah laporan tahunan Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Departement of Defense) mencatat fakta bahwa China memiliki proyeksi perluasan kekuasaan. Pemerintah Xi Jinping berambisi membangun jaringan .
  • Senin, 31 Agustus 2020 - 21:11:27 WIB

    Ganas, China Bangun Rudal di Tempat Dewa Siwa India

    Ganas, China Bangun Rudal di Tempat Dewa Siwa India HARIANHALUAN.COM - Kecaman dari China terhadap India kembali terjadi. Kali ini, Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) tengah bersiap membangun situs rudal darat-ke-udara, di antara Gunung Kailash dan Danau Mansarovar, Daerah .
  • Rabu, 29 Juli 2020 - 17:03:07 WIB

    Singapura-Israel Sekongkol Bangun Pabrik Rudal

    Singapura-Israel Sekongkol Bangun Pabrik Rudal HARIANHALUAN.COM – Singapura dan Israel tengah menggarap proyek luar biasa. Pasalnya, kedua negara ini kompak membangun pabrik komponen rudal Angkatan Laut yang canggih..
  • Sabtu, 04 April 2020 - 19:27:12 WIB

    Bill Gates Danai Pembangunan Pabrik Vaksin Virus Corona

    Bill Gates Danai Pembangunan Pabrik Vaksin Virus Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Miliarder Microsoft, Bill Gates, mengungkap bahwa yayasan miliknya mendanai pembangunan pabrik untuk tujuh kandidat vaksin virus corona..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]