PTSL Bukan Bagi-bagi Tanah, Sumbar Dijatah 65.000 Sertifikat


Rabu, 20 September 2017 - 15:21:54 WIB
PTSL Bukan Bagi-bagi Tanah, Sumbar Dijatah 65.000 Sertifikat Sceenshot

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) menargetkan seluruh jengkal tanah di Indonesia telah terdaftar pada tahun 2025. Di Sumbar, PTSL tahun ini menyasar 65.000 pendaftaran sertifikat, yang diawasi pelaksanaannya oleh Kantor Wilayah Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (Kanwil ATR/BPN) Sumbar.

Ditemui di kantornya, Senin (18/9), Kepala Kanwil ATR/BPN Sumbar Musriadi menegaskan, PTSL bukan program bagi-bagi tanah sebagaimana diisukan oleh sebagian orang yang tidak mengerti. Disebutkannya, PTSL merupakan program pemerintah melalui Kementerian ATR/BPN untuk memudahkan penyertifikatan seluruh tanah di Indonesia.

“Teknisnya, tanah yang disertifikatkan itu harus satu hamparan. Jadi, beda dengan Prona (Program Nasional Agraria), yang jatahnya itu bisa berpencar-pencar. Kalau PTSL ini harus satu hamparan. Yang jadi pertanyaan tentu tanah yang merupakan sarana-prasarana siapa yang punya. Itu jadi punya pemerintah daerah. Hak pakai statusnya,” kata Musriadi.

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 08 Desember 2019 - 15:29:12 WIB

    Tim PTSL ATR BPN Pasbar Terbitkan 5.400 Sertifikat

    Tim PTSL ATR BPN Pasbar Terbitkan 5.400 Sertifikat PASBAR, HARIANHALUAN.COM - Tim Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Kantor Agraria Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Pasaman Barat, menerbitkan sekitar 5.400 persil ditiga nagari..
  • Senin, 03 Juni 2019 - 13:25:54 WIB

    Penyerahan Sertifikat PTSL Diambil Alih Polres Dharmasraya

    Penyerahan Sertifikat PTSL Diambil Alih Polres Dharmasraya DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM - Polres Dharmasraya serahkan sertifikat PTSL (Pendaftaran Tanah Sistemmatis Lengkap) ke beberapa orang warga Kecamatan Koto Salak, Kabupaten Dharmasraya, Senin (3/6) di Aula Polres setempat..
  • Senin, 05 Februari 2018 - 01:44:29 WIB

    Ninik Mamak Bayang Dukung Program PTSL 2017

    Ninik Mamak Bayang Dukung Program PTSL 2017 PAINAN, HALUN - Demi kelancaran proses penerbitan sertifikat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) program 2017 di Kecamatan Bayang, Ninik Mamak yang tergabung pada empat nagari, yakni Koto Berapak, Kapelgam, Koto Baru .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]