Hujan Deras di Pessel Menyebabkan Tiga Titik Longsor


Rabu, 20 September 2017 - 21:22:06 WIB
Hujan Deras di Pessel Menyebabkan Tiga Titik Longsor Kondisi longsor di Kenagarian Siguntur Mudo, Kecamatan Koto XI Tarusan. 

 

PAINAN, HARIANHALUAN.COM- Hujan lebat yang mengguyur Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), sejak Selasa malam, hingga saat ini Rabu, (20/9), telah menyebabkan terjadinya longsor ditiga titik lokasi, yakni Siguntur Mudo, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kampung Limau Hantu, Kecamatan Batang Kapas, dan Bukit Putus, Kecamatan IV Jurai.

Informasi yang diterima Haluan, longsor yang terjadi di kawasan Siguntur Mudo, diketahui sekitar pukul 14.00 WIB, sehingga mengakibatkan akses lalu lintas Padang-Painan menjadi terganggu, dikarenakan tumpukan material tanah dan ranting pohon menghambat badan jalan. Selain itu, kondisi jalan juga menjadi licin dikarenakan hujan yang tak kunjung reda. 

"Longsor ini terjadi, dikarenakan akibat hujan deras yang terjadi sejak Selasa malam. Akibatnya tanah yang berada dilereng perbukitan itu menjadi lembab, sehingga tak mampu lagi menahan tekanan air hujan yang turun," sebut Irwando dilokasi. Rabu (20/9).

Dikatakannya, saat bencana longsor terjadi, beruntung kondisi jalan dalam keadaan sepi, karena cuaca masih hujan.

Sehingga tidak menyebabkan korban saat bencana tersebut terjadi. Menurutnya, longsor yang terjadi dikawasan Siguntur Mudo KM 33 itu, baru bisa dilewati kendaraan setelah adanya partisipasi masyarakat untuk membersihkannya secara swadaya.

"Tadi kita bersihkan secara swadaya dengan peralatan seadanya. Sekitar pukul 16.00 WIB sejumlah kendaraan sudah mulai bisa melewati jalan itu secara bergantian. Warga hanya membersihkan khusus untuk lewat kendaraan saja, sisanya tentu harus menggunakan alat berat," sebutnya lagi.

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]