Tingkatkan Pemberdayaan Petani, Pundi Sumatera Bangun Huler di Solsel


Rabu, 20 September 2017 - 21:34:29 WIB
Tingkatkan Pemberdayaan Petani, Pundi Sumatera Bangun Huler di Solsel Bupati Solsel, H. Muzni Zakaria ketika proses penandatangan prasasti dan peletakan batu pertama pembangunan huler bantuan MCA Indonesia melalui dukungan Pundi Sumatera di koperasi Mutiara Simancuang Mandiri di Jorong Simancuang, Alam Pauh Duo, Selasa (19/9). IST

 

SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM -- Pundi Sumatera sejak 2012 telah mulai lakukan pemberdayaan terhadap petani di Jorong Simancuang dan Jorong Simancuang Karang Hitam, Alam Pauh Duo, Solok Selatan (Solsel). Pemberdayaan ini bertujuan untuk meningkatan perekonomian masyarakat di dua jorong itu yang mayoritas berprofesi sebagai petani.

Seorang warga Simancuang, Medi pada Haluan, (20/9) mengatakan dilema yang dihadapi para petani adalah terkait moda angkutan menuju keluar kampung.

"Akses jalan masuk kampung kami sebagian masih jalan tanah sekitar 4-5 kilometer sehingga agak menyulitkan para petani untuk membawa hasil pertanian keluar kampung,"katanya.

Dikarenakan akses jalan yang belum bagus, imbuhnya sehingga para tengkulak memanfaatkannya dengan datang langsung ke Simancuang.

"Para tengkulak biasanya datang dan langsung membeli hasil pertanian warga dengan harga dibawah standar, para tengkulak itu berdalih membeli lebih murah dikarenakan adanya biaya penambahan transportasi kelokasi. Bahkan tak jarang, belum panen saja tengkulak sudah berani memberikan uang muka pada petani. Tengkulak itu memberikan dulu sejumlah uang, padahal padi baru mulai menguning sehingga petani tergiur,"ucapnya.

Masyarakat bergantung pada komoditi padi sebagai andalan. Apabila mata-rantai tengkulak tidak diputus maka perekonomian petani di daerah itu sulit berkembang.

"Ada sekitar 200 hekatare (ha) areal persawahan yang dimanfaatkan masyarakat. Dengan hasil panen gabah rata-rata saat musim sekitar 5 ton/ha,"kata ketua LPHN Simancuang, Edison.

Ia menambahkan, terdapat tujuh unit huler yang dikelola secara pribadi sebagai bisnis usaha. 





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 29 Januari 2019 - 16:02:46 WIB

    Tingkatkan Promosi, Randang Payakumbuh Bakal "Terbang" ke Arab Saudi

    Tingkatkan Promosi, Randang Payakumbuh Bakal JEDDAH, HARIANHALUAN.COM--Upaya untuk mempromosikan randang ke pasar luar negeri terus dilakukan Pemko Payakumbuh. Kali ini, Pemko menggandeng Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah, Kerajaan Arab Saudi, untuk pr.
  • Jumat, 16 November 2018 - 09:57:26 WIB

    Satgas PB Agam Tingkatkan Kapasitas

    Satgas PB Agam Tingkatkan Kapasitas AGAM, HARIANHALUAN - Satgas Penanggulangan Bencana (Satgas PB) Badan Penanggulangan Bencana Daerah Agam mendapat pelatihan peningkatan kapasitas dari Badan Pencarian dan Pertolongan kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas).
  • Rabu, 27 Juni 2018 - 11:34:16 WIB

    Jon Mathias, Perantau Asal Solsel Ini Punya Gagasan Tingkatkan PAD

    Jon Mathias, Perantau Asal Solsel Ini Punya Gagasan Tingkatkan PAD SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM- Jon Mathias seorang advokat dan perantau asal Solok Selatan (Solsel) mempunyai gagasan untuk mendorong pemerintah daerah meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui sektor tambang legal.
  • Selasa, 08 Mei 2018 - 11:40:03 WIB

    Tingkatkan Kompetensi Relawan, BPBD Kota Solok Gelar Pelatihan Vertical Rescue

    Tingkatkan Kompetensi Relawan, BPBD Kota Solok Gelar Pelatihan Vertical Rescue SOLOK, HARIANHALUAN.COM- Untuk meningkatkan ketrampilan dan kompetensi SDM relawan dalam memberikan pertolongan kedaruratan dan evakuasi korban bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Solok menggelar Pelatiha.
  • Kamis, 01 Maret 2018 - 22:22:41 WIB

    Tingkatkan Kesadaran Berlalu Lintas, Polresta Solok Gandeng Tokoh Adat

    Tingkatkan Kesadaran Berlalu Lintas, Polresta Solok Gandeng Tokoh Adat SOLOK, HARIANHALUAN.COM- Polres Solok Kota mengandeng tokoh adat  untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas. Hal itu terlihat dari kegiatan gelar pasukan operasi keselamatan berlalu lintas d.

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM