Berceramah di IIU Malaysia, Faldo Maldini Ditanya Soal Pilkada Padang


Senin, 25 September 2017 - 00:29:49 WIB
Berceramah di IIU Malaysia, Faldo Maldini Ditanya Soal Pilkada Padang Faldo Maldini (kursi tengah paling depan) berfoto bersama mahasiswa Indonesia di Malaysia setelah memberikan kuliah umum kepada Perhimpunan Pelajar Indonesia Malaysia di Kampus International Islamic University Malaysia, Jumat (22/9). IST

KUALALUMPUR, HALUAN—Faldo Maldini, pendiri pulangkampuang.com, memberikan ceramah di International Islamic University Malaysia (UUIM) dalam acara bertajuk "Menjemput Perubahan". Pada kesempatan itu, pada sesi tanya jawab, peserta bertanya kepada Faldo soal Pilkada Padang 2018.

Dalam sesi tanya jawab, seorang mahasiswa Indonesia asal Sumatera Barat bertanya mengenai isu pencalonan Faldo Maldini pada Pilkada Padang. Faldo hanya menjawab pertanyaan itu dengan gurauan. 

"Wah, ternyata beritanya sampai ke sini, ya. Doakan saja yang terbaik. Bagi saya, bekerja sebagai apa pun pasti saya lakukan secara sungguh-sungguh. Mau dari politik, komunitas, atau bisnis, saya tidak pernah main-main, apalagi itu untuk kampung halaman," ujar Faldo di Kampus UUIM, Jumat (22/9).

Kuliah umum itu diikuti oleh ratusan mahasiswa dari seluruh daerah. Faldo mengutarakan, peserta diskusi bersemangat mengikuti diskusi yang diadakan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Malaysia itu.

“Mungkin, temanya juga sangat relevan dengan rencana mereka yang sudah berangkat sekolah ke luar negeri," ucap mantan Ketua PPI Britania Raya itu.

Pada kuliah umum itu, Faldo menceritakan pengalamannya ikut memperjuangkan berbagai permasalahan kemasyarakatan. Baginya, generasi muda adalah kalangan paling paham terhadap perubahan. Karena itu, anak muda harus mampu menghadirkan solusi inovatif.

"Orang-orang tua sering kewalahan mengikuti kecepatan anak-anaknya, apalagi revolusi teknologi informasi menuntut generasi kita menjadi kompetitif. Kami di pulangkampuang.comterus mencoba untuk memfasilitasi anak muda Sumbar untuk bisa memenuhi prasyarat untuk ikut berbagai kompetisi. Di dunia kerja, kami latih wawancara kerja, kami latih buat daftar riwayat hidup yang standar. Barangkali, orang-orang tua kita tidak terlalu paham karena memang belum begitu di zaman mereka. Ya, kita harus menggerakan perubahan lewat gagasan inovatif. Jangan hanya mengekor kepada generasi sebelumnya. Meski demikian, kita tetap harus memberi hormat terhadap mereka," kata mantan Ketua BEM Universitas Indonesia itu.

Alumnus Ilmu Fisika Imperial Collage London itu juga mengingatkan mahasiswa Indonesia di Malaysia untuk pulang dan berkontribusi banyak kepada Indonesia. Ia menyebutkan nama beberapa alumnus kampus Malaysia yang menjadi orang terkenal di Indonesia. Ia berharap mahasiswa Indonesia di Malaysia bisa melebihi capaian pendahulunya.

"Mentang-mentang tidak jauh dari Indonesia, jangan sampai keenakan tinggal di sini. Saya berharap teman-teman sudah memikirkan rencana strategis untuk membangun kampung halaman masing-masing. Banyak alumnus Malaysia yang jadi orang terkenal, seperti ketua Komisi Penyiaran Indonesia, Yuliandre Darwis, dan Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno. Mereka pernah menjalani pendidikan seperti teman-teman ini. Saya yakin teman-teman bisa lebih canggih," ujar pemegang dua paten teknologi itu. (h/dib)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]