6.205 Jemaah Haji Sudah Dipulangkan Melalui BIM


Senin, 25 September 2017 - 00:37:54 WIB
6.205 Jemaah Haji Sudah Dipulangkan Melalui BIM

PADANG, HALUAN - Dengan mendaratnya Jemaah haji Kelompok Terbang (kloter) 16 di Bandara Internasional Minangkabau, Minggu (24/9) malam sekitar pukul 20.18 WIB, maka jumlah jamaah yang sudah pulang ke tanah air 6.205.

Berdasarkan data yang diperoleh Haluan dari Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Padang, hingga saat ini 24 orang jemaah haji yang wafat di Tanah suci. 15 orang asal Sumbar dan 9 orang lainya jemaah haji asal Bengkulu.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Sumbar Syamsuir, menyebutkan nanti malam kloter 16 akan pulang ke tanah air. Dengan pemulangan kloter 16 ini, maka jamaah yang masih berada di tanah suci sebanyak satu kloter lagi.

"Kloter 16 ini berasal dari Kota Padang, Kabupaten Pasaman dan Kabupaten Mentawai. Nanti sebelum jamaah haji dipulangkan ke daerah asal tempat jamaah haji berdomisili, jamaah haji harus mengikuti acara pelepasan terlebih dahulu di asrama haji Padang," kata Syamsuir.

Ditambahkanya, panitia selalu mendoakan para jamaah haji semoga dilancarkan beribadahnya. Ia juga berpesan, agar para jemaah haji pelihara apa yang telah diperoleh dari tanah suci, dan semoga menjadi terdepan ditengah masyarakat.

"Peliharalah prediket haji mabrur dan menjadi tauladan di tengah keluarga dan masyarakat, jamaah haji ini sudah otomatis menjadi aset pemerintahan daerah dalam perbaikan dibidang pembangunan keagamaan yang bisa meramaikan Masjid dan Mushola," ujarnya.

Sementara itu, Tim KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan) Padang berpesan buku kesehatan jamaah haji yang telah distempel oleh petugas kesehatan, harus dikembalikan ke Puskesmas terdekat setelah 14 hari.

"Jika dalam waktu 14 hari Bapak Ibu menderita sakit seperti, demam, batuk dan kesulitan bernafas segeralah berobat dengan membawa buku kesehatan jamaah haji," katanya.

Diberitahukannya lagi, Jika pada saat ini Bapak Ibuk jamaah haji menderita sakit, batuk pakai lah masker untuk keamanan agar tidak menular kepada keluarga," katanya.

Untuk diketahui, sampai kepulangan Kloter 16 ini, berarti hanya satu kloter lagi jamaah haji Debarkasi padang yang berada di tanah suci.(h/mg-hen)

 

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]