OSO Lantik Pengurus Gebu Minang Sumbar


Senin, 25 September 2017 - 17:30:12 WIB
OSO Lantik Pengurus Gebu Minang Sumbar Pelantikan Ketua Gerakan Ekonomi dan Budaya (Gebu) Minang wilayah Sumbar di Mercure Hotel, Padang, Sabtu (23/9)

 

PADANG, HARIANHALUAN.COM—Boy Lestari Dt. Palindih dilantik sebagai ketua Gerakan Ekonomi dan Budaya (Gebu) Minang wilayah Sumbar di Mercure Hotel, Padang, Sabtu (23/9). Ia bertekad menjadikan Gebu Minang di Sumbar sebagai gerakan awal kebangkitan orang Minang dengan menjaga budaya Minang dan memajukan ekonomi Sumbar.

Pada pelantikan itu, Ketua Umum Gebu Minang, Osman Sapta Odang (OSO), melantik puluhan pengurus Gebu Minang Sumbar. Sehubungan dengan banyaknya pengurus Gebu Minang Sumbar, Boy Lestari mengutarakan, Gebu Minang melibatkan potensi dan elemen yang ada Sumbar. Di dalam kepengurusannya ada MUI, LKAAM, Bundo Kanduang, akademisi, organisasi Islam, organisasi kemasyarakatan, organisasi kepemudaan dan elemen masyarakat lainnya. Semua unsur tersebut akan dilibatkan untuk menunjang dua program Gebu Minang, yakni ekonomi dan budaya.

“Gebu minang langkah awal kebangkitan orang Minang untuk mengawal budaya Minang. Kalau budaya Minang tidak dikawal, akan dikerdilkan oleh teknologi, globalisasi, dan lain-lainnya. Program Gebu Minang adalah budaya dan ekonomi Minang. Ekonomi Sumbar harus dikawal. Orang Sumbar terkenal sebagai pedagang. Agar dagangan orang Sumbar tidak dihajar oleh orang luar, Gebu Minang akan mengawal itu dengan bekerja sama dengan pemda,” ujarnya.

Boy menegaskan, Minang harus dikawal dari semua sisi. Ia berpendapat, filosofi adat basandi syarak, syarak basandi kitabulllah adalah harga mati bagi orang Minang. Ia menegaskan, kalau ada yang mengganggu budaya Minang, nyawa tantangannya.

“Gebu Minang ada karena hanya orang Minang yang akan menjaga budaya Minang, tidak mungkin orang luar akan menjaganya. Karena itu, visi Gebu Minang adalah dari Minang, oleh Minang, dan untuk Minang,” tuturnya.

Boy Lestari menambahkan, ia akan membangun gedung Gebu Minang Sumbar yang representatif di dekat Bandara Internasional Minangkabau (BIM). Saat ini, ia memiliki hotel, rumah makan, dan parkir inap mobil di dekat BIM.

Sementara itu, Osman Sapta Odang yakin kepengurusan Gebu Minang Sumbar akan aktif, apalagi gubernur Sumbar turut serta di dalamnya. Dengan dilantikanya kepengurusan Gebu Minang Sumbar, ia akan melantik kepengurusan Gebu Minang di seluruh Indonesia. Sejauh ini, pihaknya telah melantik kepengurusan Gebu Minang Jawa Timur dan Kalimantan Barat. Pada 7 Oktober 2017, ia akan melantik kepengurusan Gebu Minang Jawa Barat.

Ketua DPD RI itu menyarankan orang Minang untuk menghilangkan perbedaan yang kecil karena kalau perbedaan itu dipertentangkan, orang Minang akan ketinggalan.

“Yang penting adalah rasa keminangan,” ucap wakil ketua MPR itu.

Menurutnya, Gebu Minang akan menjadi organisasi besar di Indonesia karena saat ini terdapat 16.700.000 ribu orang Minang di seluruh Indonesia.

Kepada pengurus Gebu Minang Sumbar, Osman menegaskan pengurus harus benar-benar bekerja. Ia mengancam akan mengganti pengurus yang tidak kelihatan kerjanya dalam setahun setelah dilantik.

Sementara itu, Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, mengatakan, Gebu Minang merupakan tempat orang Minang berkumpul dan bersatu untuk memperjuangkan Minang dan rasa keminangan.

Ia berharap kepada pengurus Gebu Minang Sumbar untuk menjadikan Gebu Minang sesuai dengan namanya, yakni gerakan budaya dan ekonomi Minang. Ia berjanji Pemprov Sumbar akan mendukung dan bekerja sama dengan Gebu Minang Sumbar menuju masyarakat Minang yang maju.

“Gebu Minang bisa bekerja sama dengan Pemprov Sumbar asalkan berkoordinasi,” katanya. (h/dib)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 28 Februari 2019 - 22:18:59 WIB

    Nedi Gampo Berpulang, Dikenal Sebagai Sosok yang Pantang Menyerah

    Nedi Gampo Berpulang, Dikenal Sebagai Sosok yang Pantang Menyerah TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Penyanyi Minang, Nedi Erman atau yang lebih populer dengan sebutan Nedi Gampo, meninggal dunia di RSUP M Djamil Padang, Kamis, 07.45 WIB..
  • Kamis, 17 Januari 2019 - 10:34:33 WIB

    Formasi CPNS Dokter Spesialis di Sumbar Banyak Kosong, Sebagian Dokter Enggan “Terikat”

    Formasi CPNS Dokter Spesialis di Sumbar Banyak Kosong, Sebagian Dokter Enggan “Terikat” Jika berstatus PNS, tentu kerjanya lebih terikat. Sedangkan kebanyakan dokter spesialis ingin meningkatkan karir dengan meningkatkan ilmunya kembali. Melanjutkan pendidikan dengan biaya mandiri yang biasanya dengan mencari ba.
  • Senin, 06 Agustus 2018 - 13:29:46 WIB

    Sukseskan Tebar Hewan Kurban  IASMA 1 Bukittinggi, Tim Survei Kembali  Turun ke Pelosok Nagari

    Sukseskan Tebar Hewan Kurban  IASMA 1 Bukittinggi, Tim Survei Kembali  Turun ke Pelosok Nagari AGAM,HARIANHALUAN.COM-Untuk tahap kedua, Tim Peduli Kemanusiaan Ikatan Alumni SMA 1 Landbouw Bukittinggi melaksanakan survei ke kawasan pelosok Simaung Mudiak, Lariang, Sipisang  dan Aua Kuning di batas Palupuah dan Palembay.
  • Jumat, 09 Februari 2018 - 10:09:28 WIB

    OSO: Saatnya Minang Bangkit!

    OSO: Saatnya Minang Bangkit! PADANG, HARIANHALUAN.COM – Keinginan agar Minangkabau kembali bangkit, seirama dengan pemikiran Ketua Umum Gerakan Ekonomi dan Budaya (Gebu) Minang, Oesman Sapta Odang Datuak Bandaro Sutan Nan Kayo. Menurut OSO –panggilan.
  • Rabu, 31 Januari 2018 - 10:58:35 WIB

    Padang Parang Basosoh dengan LGBT

    Padang Parang Basosoh dengan LGBT PADANG, HARIANHALUAN.COM—Segenap elemen masyarakat yang terdiri dari niniak mamaak, cadiak pandai, alim ulama di Kota Padang siap parang basosoh dengan kaum Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender (LGBT). Penyimpangan seks .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM