Kejuaraan Tinju Amatir Segera Digelar, Memperebutkan Piala Kapolda Sumbar I


Senin, 25 September 2017 - 17:54:22 WIB
Kejuaraan Tinju Amatir Segera Digelar,  Memperebutkan Piala Kapolda Sumbar I Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Syamsi (tengah) didampingi Kapolresta Padang, Kombes Pol Chairul Aziz (dua dari kiri) bersama Ketua Pertina Sumbar, Togi Tobing (dua dari kanan) foto bersama usai jumpa pers kejuaraan tinju amatir di Polda Sumbar, Senin (25/9). NASRIZAL

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Polda Sumbar gelar Kejuaraan Daerah Tinju Amatir, bekerja sama dengan Persatuan Tinju Amatir (Pertina) Sumbar pada tanggal 3 sampai 7 Oktober mendatang.

Kejuaraan tinju amatir ini akan memperebutkan Piala Kapolda Sumbar I tahun 2017 yang diselenggarakan di Gelanggang Olahraga (GOR) Universitas Negeri Padang (UNP) Air Tawar Padang.

Kapolda Sumbar, Irjen Pol Fakhrizal melalui Kapolresta Padang, Kombes Pol Chairul Aziz mengatakan kejuaran tinju amatir tersebut merupakan atas kepedulian Kapolda Sumbar dalam membina Cabang Olahraga yang ada di Sumbar.

Sebelumnya, Kapolda Sumbar telah melakukan sejumlah kejuaran olahraga yaitu Tenis, Voly dan Sepakbola.

"Sebelumnya sudah ada beberapa cabor yang kita pertandingkan, dan pada awal Oktober ini kami bersama Pertina menggelar kejuaran tinju Amtir," kata Chairul Aziz  yang juga didampingi Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Syamsi.

Ia berharap kejuaran tinju amatir Kapolda Sumbar I berjalan dengan lancar, serta berlanjut untuk tahun tahun selanjutnya. Hal itu dilakukan dalam rangka menumbuhkan bibit-bibit altlit potensial yang nantinya siap untuk mengikuti kejuaraan nasional maupun Internasional.

"Rencananya, kejuaraan ini akan diikuti 19 kab/kota. Namun, Kabupaten Padang Pariaman tidak ikut, karena persiapan sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov), kejuaran ini sekaligus sebagai ajang kualifikasi Porprov ke XV yang akan diselenggarakan pada 2018 nanti," ujar Kapolresta Padang.

Dari data yag dihimpun haluan, kejuaraan ini akan diikuti atlit berbakat dengan klasifikasi umur 17-25 tahun atau kelahiran 1992 hingga 2001. Ada 16 klas yang dipertandingkan, yakni 10 klas untuk Putra dan 6 klas untuk putri.

Sementara itu, Ketua Persatuan Tinju Amatir (Pertina) Sumbar, Togi Tobing mengapresiasi kejuaran tinju amatir yang digelar polda Sumbar.

"Kami sangat mengapresiasi dan penghargaan sebesarnya kepada Polda sumbar atas perhatiannya kepada pembinaan prestasi tinju amatir sumbar," katanya.

Dijelaskannya, 16 klas yang akan dipertandingkan dan dibuka resmi Kapolda Sumbar pada malam tanggal 3 Oktober sekaligus pertandingan pertama. kemudian, pada 4 Oktober pertandingan akan dimulai pada jam 15.00 hingga selesai.

Ia menegaskan, dalam proses pertandingan bagi perserta dipastikan didampingi pelatih yang telah memiliki sertifikat. 

"Pelatih petinju yang akan bertanding harus memilki sertifikat, jika tidak maka akan digugurkan, begitu juga klas yang dipertandingakan sesuai dengan standar yang sudah ada, bagi putri harus disertakan surat keterangan tidak hamil," sebutnya.

Untuk penilaian, pihaknya akan menggunakan sistem komputer, untuk operator sengaja didatangkan dari Malaysia. Tidak hanya itu wasit yang akan memimpin pertandingan ini merupakan wasit internasional yang berasal dari Malaysia dan Jakarta.

"Akan ada tiga ronde, sitem kami gunakan sesuai dengan sistem AIBA (Asosiasi Internasional Boxing Amatir) 2016, sehingga hasilnya akan lebih objektif," terangnya. (h/mg-hen).

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]