Terima Gaji Ganda, Anggota DPRD Pessel Divonis Satu Tahun Penjara


Senin, 25 September 2017 - 20:37:41 WIB
Terima Gaji Ganda, Anggota DPRD Pessel Divonis Satu Tahun Penjara Ilustasi.NET

PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Putusan hakim Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Padang, terhadap oknum anggota DPRD Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Dalisman, terkait kasus penerimaan gaji ganda, akhirnya divonis satu tahun penjara beserta denda Rp50 juta dengan subsider kurungan selama 2 bulan.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Pessel, didampingi Kasi Intel Kejaksaan Negeri (Kejari), Dimas Aditya ketika dihubungi Haluan, mengatakan bahwa putusan hakim selama 1 tahun penjara dan denda 50 juta dengan subsider kurungan selama 2 bulan itu, lebih ringan dari tuntutan jaksa sebelumnya, yakni selama 3 tahun.

"Oknum anggota DPRD Pessel yang telah dilakukan penahanan sejak tanggal 30 Maret 2017 lalu, tersangkut kasus menerima gaji ganda. Putusan perkaranya sudah dilakukan pada Rabu (20/9) lalu. Vonis hukuman selama 1 tahun penjara denda Rp 50 juta dengan subsider kurungan 2 bulan itu, dibacakan ketua majelis hakim, Agus Komarudin SH. Dan lebih ringan dari tuntutan jaksa yang sebelumnya selama 3 tahun penjara," jelasnya, Senin (25/9).

Menurutnya, putusan majelis hakim Tipikor Padang atas nama terdakwa Dalisman anggota DPRD Pessel dari Fraksi Partai PKS dapil III itu, pihaknya masih melakukan pikir-.pikir. 

"Sesuai UU ada waktu 7 hari yang diberikan untuk berpikir. Karena pembacaan putusan dilakukan pada Rabu tanggal 20 September 2017 lalu, maka masih ada waktu 2 hari untuk pikir-pikir," katanya lagi.  

Dijelaskannya, dalam kasus penerimaan gaji ganda itu oknum anggota DPRD tersebut telah mengembalikan uang ganji ganda yang diterima saat itu, namun sesuai aturan hukum yang berlaku, berdasarkan pasal 4, tidak menghapus tindak pidana. 

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]