SELESAI AKHIR DESEMBER

Pengerjaan Pedestrian Capai 28%


Selasa, 26 September 2017 - 03:13:12 WIB
Pengerjaan Pedestrian Capai 28% BONGKAR TROTOAR--Sejumlah pekerja tengah membongkar sebagian badan Jalan M. Yamin, Padang, untuk pengerjaan pembangunan pedestrian, Senin (25/9). Perbaikan ini dilakukan agar pejalan kaki pun mendapatkan haknya, berjalan di tempat yang lebih representatif. (huda putra)

PADANG, HALUAN—Pengerjaan pedestrian berupa trotoar dan drainase di Jalan M. Yamin di Pasar Raya Padang telah mencapai 28 persen. Saat ini, pengerjaan masih terus berlangsung hingga ke Jalan Hangtuah.

“Pengerjaan terus kita percepat sebab, ditargetkan harus selesai akhir Desember tahun ini,”ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Padang Fatriarman Noer melalui Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Air (SDA) Fadelan kepada Haluan, Senin (25/9).

Disebutkan Fadelan, pengerjaan drainase dan trotoar di M Yamin lebih kurang sepanjang 1.700 meter kiri dan kanan, hingga ke Jalah Hangtuah Pantai Padang.

Untuk lebar trotoar yang sedang dikerjakan sekitar 3,6 meter, sedangkan pada sisi sebelahnya lebar trotoar lebih kurang 2,6 meter.

Fadelan menyebut ukuran trotoar tidak sama pada sisi kanan dan kiri sebab melihat akitivitas trotoar lebih banyak digunakan pada sisi sebelah kanan.

Untuk pengerjaan saat ini, terpakai badan jalan sekitar 1,6 meter dari lebar jalan sekitar 15 meter. Total anggaran yang dipergunakan adalah sekitar Rp5 miliar.

“Saat ini pengerjaan masih satu sisi. Jika Langsung kita kerjakan dua sisi maka akan banyak memakan badan jalan sehingga menyebabkan kemacetan. Direncanakan awal bulan sisi sebelah akan mulai dikerjakan,”sebutnya.

Dijelaskannya, pengerjaan trotoar dan drainase akan menghubungkan Pasar Raya dengan Pantai Padang. Sehingga setelah pengerjaan selesai, para pejalan kaki bisa berjalan dari pedestrian Permindo hingga ke Jalan Hangtuah yang terdapat di Pantai Padang.

“Nanti pengerjaan drainase dan trotoar di Myamin akan menjadi penghubung pusat perdagangan dengan pusat pariwisata,”katanya.

Ditambahkan Fadelan, untuk pengerjaan di M Yamin lebih kepada perbaikan trotoar, untuk drainase hanya berupa pengerukan sebab keadaan drainase sudah tersumbat dan arah selatan sudah mati.

“Jika terjadi kemacetan, pengguna jalan diharapkan sabar. Karena kondisi daerah tersebut memang ramai oleh kendaraan dan juga angkot hingga pengerjaan drainase dan trotoar selesai,”ujarnya.

Sementara itu, Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah berharap agar pedagang tidak membuang sampah ke dalam saluran drainase. Apalagi saat ini di Pasar Raya sedang banyak dibangun drainase dan trotoar.

“Pedagang jangan membuang sampah ke dalam drainase sehabis berjualan. Jika tersumbat, maka akan menyebabkan genangan,”katanya.

 

Selain itu, Candra pengguna jalan berharap agar pengerjaan drainase dan trotoar bisa cepat selesai. Sehingga, para pejalan kaki mendapatkan jalan yang lebih representatif.

“Semoga pengerjaan drainase didaerah bisa mengurangi genangan ketika hujan lebat, dan trotoar cepat selesai,”sebutnya, warga Koto Marapak ini. (h/mg-mel)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 19 Agustus 2020 - 18:05:31 WIB

    Pengerjaan Betonisasi di Padang Sudah Capai 27,6 Km

    Pengerjaan Betonisasi di Padang Sudah Capai 27,6 Km HARIANHALUAN.COM - Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPRKPP) Kota Padang mencatat, realisasi pengerjaan betonisasi jalan lingkungan telah mencapai 27,6 kilometer hingga triwulan II tahun 2020. Realisasi.
  • Senin, 12 Agustus 2019 - 16:55:35 WIB

    Sidak Pengerjaan Trotoar, Hendri Septa: PKL Dilarang Berjualan di Trotoar

    Sidak Pengerjaan Trotoar, Hendri Septa: PKL Dilarang Berjualan di Trotoar PADANG, HARIANHALUAN.COM - Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa menegaskan, trotoar hanya untuk pejalan kaki dan penyandang dissabilitas. Ia melarang tegas jika trotoar disalahgunakan seperti untuk Pedagang Kaki Lima (PKL)..
  • Kamis, 12 Oktober 2017 - 05:26:37 WIB
    SUDAH RAMPUNG 87 PERSEN

    Pengerjaan Pedestrian Permindo Terkendala PKL

    Pengerjaan Pedestrian Permindo Terkendala PKL PADANG,HALUAN—Memasuki enam bulan pengerjaan drainase dan trotoar di Pasar Raya Padang yang digunakan sebagai tempat pedestrian mencapai 87 persen. Hingga saat ini pengerjaan telah mencapai Jalan Permindo..
  • Jumat, 17 Februari 2017 - 08:57:01 WIB

    Pengerjaan Bypass Sisakan Empat Titik

    Pengerjaan Bypass Sisakan Empat Titik PADANG, HALUAN - Dari 21 titik pengerjaan jalur Padang Bypass yang masih terbengkalai hingga saat ini masih tinggal empat titik lagi. Meski demikian, target (27/2) dirasa masih bisa dikebut penyelesaiannya..
  • Rabu, 30 November 2016 - 01:08:10 WIB

    Pengerjaan Pasar Siteba Dikebut

    PADANG, HALUAN — Pengerjaan Pasar Siteba mulai dikebut dengan target waktu 50 hari dengan anggaran Rp825 juta. Dimulainya pengerjaan pasar Siteba memberikan kelegaan kepada pengendara jalan karena akan me­ngu­rangi kemace.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]