2018, Sumbar Terapkan Transaksi Non Tunai


Selasa, 26 September 2017 - 03:26:17 WIB
2018, Sumbar Terapkan Transaksi Non Tunai TRANSAKSI NONTUNAI—Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menandatangani komitmen transaksi nontunai bersama seluruh bupati/ Wali Kota, Senin (25/9) di ruang rapat Bank Indonesia (BI) Sumbar. Mulai 1 Januari 2018, Pemprov Sumbar akan menerapkan transaksi nontunai. WINDA

PADANG, HALUAN - Mulai 1 Januari 2018, seluruh kabupaten/kota di Sumbar berkomitmen untuk merealisasikan transaksi nontunai dalam setiap penggelolaan ataupun transaksi keuangan.

Hal tersebut ditandai dengan dilakukannya penandatanganan komitmen transaksi nontunai bersama seluruh bupati/wali Kota, Senin (25/9) di ruang rapat Bank Indonesia (BI) Sumbar.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan, transaksi nontunai sebenarnya lebih praktis dan transparan. Karena, seluruh transaksi tercatat, sehingga menutup kemungkinan penyalahgunaan anggaran.

“Transaksi keuangan nontunai menjadi keniscayaan untuk diterapkan, karena memiliki manfaat besar. Seperti pembayaran tunjangan pegawai misalnya, jadi lebih cepat dengan transfer nontunai. Hal itu juga menghindarkan masyarakat dari kemungkinan tindak kejahatan perampokan, karena tidak perlu bawa uang untuk transaksi,” kata Irwan.
Dikatakannya, dalam penerapan nontunai di lingkungan pemerintahan, ada kendala, di antaranya permasalahan sumber daya manusia yang gagap teknologi, khususnya bagi pegawai yang usianya di atas 45 tahun. Begitu pula kebiasaan bangga dan merasa aman mengantongi uang tunai.
“Masih ada sebagian dari pegawai kita yang belum melek teknologi, sehingga masih belum menerapkan transaksi nontunai. Padahal menggunakan kartu debet atau kredit jauh lebih mudah untuk transaksi,” tambahnya.
Irwan melanjutkan, ke depan transaksi nontunai di pemerintahan akan terus diterapkan. Seluruh penggelolaan keuangan di pemerintahan tidak boleh lagi menggunakan uang tunai. Seperti pembayaran gaji dan tunjangan, sampai pembayaran proyek-proyek pemerintahan pada pihak ketiga.
Sementara itu, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia, Endy Dwi Tjahjono mengatakan, penerapan nontunai di lingkungan pemerintahan harus dilakukan untuk mendorong masyarakat agar juga menerapkan nontunai dalam transaksi sehari-hari.

“Kita akan terus menerapkan dan mendorong pemerintah untuk bisa menggunakan transaksi nontunai. Sebenarnya selama ini sudah banyak penerapan gerakan nontunai namun belum sempurna saja. Ke depan akan terus kita tingkatkan,” pungkasnya. (h/win)


 

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 15 Januari 2019 - 10:51:45 WIB

    Tahun 2018, Harga Berbagai Komoditas Turun

    Tahun 2018, Harga Berbagai Komoditas Turun PADANGPARIAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Pada 2018, harga sebagian besar komoditas di Padang Pariaman mengalami penurunan. Namun perihal itu belum tentu menunjukan trader komoditas mengalami kerugian. Pantauan Haluan, perihal itu .
  • Kamis, 20 Desember 2018 - 11:33:12 WIB

    Tahun 2018, Pertumbuhan Ekonomi Sumbar 4,8 Persen

    Tahun 2018, Pertumbuhan Ekonomi Sumbar 4,8 Persen PADANG, HARIANHALUAN.COM — Laju pertumbuhan ekonomi Sumatera Barat selama 2018 hanya berkisar dalam rentang 4,8–5,2 persen. Angka ini menurun bila dibandingkan dengan tahun lalu, di mana pertumbuhan ekonomi Sumbar mencapa.
  • Senin, 19 November 2018 - 13:00:01 WIB

    SHARP Greenerator Fest 2018, Ajak Anak Muda Lestarikan Lingkungan

    SHARP Greenerator Fest 2018, Ajak Anak Muda Lestarikan Lingkungan BOGOR, HARIANHALUAN.COM – Generasi muda memiliki peran penting dalam menentukan kelangsungan bumi di masa yang akan datang. Kesadaran untuk melestarikan lingkungan patut dipupuk oleh generasi muda sedini mungkin dan kemudi.
  • Rabu, 09 Mei 2018 - 11:13:23 WIB

    Heineken Global Bartender Competition 2018, Bartender Surabaya Siap Menuju Belanda

    Heineken Global Bartender Competition 2018, Bartender Surabaya Siap Menuju Belanda JAKARTA, HARIANHALUAN.COM--Merek bir premium dunia, Heineken, kembali menggelar Heineken Global Bartender Competition 2018. Kompetisi ini merupakan ajang pencarian bartender terbaik dunia dalam hal menyajikan draught beer Hei.
  • Selasa, 13 Februari 2018 - 16:38:02 WIB

    2018, XL Axiata Bangun Jaringan Data Besar-besaran

    2018, XL Axiata Bangun Jaringan Data Besar-besaran MEDAN, HARIANHALUAN.COM--Ketersediaan akses layanan internet dan data yang berkualitas baik, cepat dan stabil, menjadi idaman semua pengguna layanan data. .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]