PERTAMA DI MADRASAH

MAN 2 Gelar Pesta Pilkatos


Selasa, 26 September 2017 - 03:30:28 WIB
MAN 2 Gelar Pesta Pilkatos Setelah memberikan pembekalan sebelumnya, Ketua KPU Bukittinggi, Lemmasrizal (paling kanan) didampingi Sekretaris Yasman, SH, Ketua Divisi Perencanaan dan Data Benny Aziz, SE, dan Ketua Divisi Keuangan, Umum dan Logistik Heldo Aura, Ssi, juga turun langsung menyaksikan pesta demokrasi Pilkatos MAN 2 yang berlangsung, Rabu (20/9). RIDWAN

BUKITTINGGI, HALUAN -- Pesta demokrasi pemilihan ketua dan wakil ketua Organisasi Siswa Intra Madrasah (Pilkatos) MAN 2 Bukittinggi dengan sistem Pemilihan Umum (Pemilu) difasilitasi KPU (Komisi Pemilihan Umum) setempat diikuti ratusan siswa dan berlangsung sukses, Rabu (20/9).

Ketua KPU Bukittinggi, Lemmasrisal didampingi Sekretaris Yasman, SH, Ketua Divisi Perencanaan dan Data Benny Aziz, SE, dan Ketua Divisi Keuangan, Umum dan Logistik Heldo Aura, Ssi, yang memantau langsung pelaksanaan pilkatos itu mengungkapkan, istilah pilkatos ini sudah lama populer di sekolah-sekolah di pulau Jawa, sementara khusus di Kota Bukittinggi baru kepada beberapa SMA yang diterapkan atau dipopulerkan.

“Pilkatos di MAN 2 ini difasilitasi KPU merupakan pertama dilaksanakan untuk sekolah Madrasah di Bukittinggi dan kedua kalinya setelah SMAN 4, dan Jumat (15/9) juga digelar di SMANTITEL (SMAN 3 Teladan),” kata Lemmasrizal yang juga didampingi Kepala MAN 2, Dra Roslindawati RS, SPd, Wakil Kurikulum Deswita, SP, Bidang Kesiswaan Candra, SPdi, Bidang Sarana dan Prasarana H Asmudin, Bidang Humas Fadlina Syarif, serta sejumlah guru kepada Haluan di sela-sela pilkatos yang tampak penuh nuansa demokratis itu.

Digelarnya pilkatos dengan mekanisme pemilu ini, kata Lemmasrizal, salah satu fungsinya adalah bagaimana melakukan pendidikan pemilih kepada masyarakat dalam hal ini pemilih pemula. Sebab, siswa madarasah maupun SMA pada pemilu 2019 sudah memiliki hak pilih. Dengan adanya pilkatos ini, siswa sudah mengenal mekanisme pemilu dan mensosialisakannya kepada teman sebaya.

Sebelum melaksanakan pilkatos ini, KPU mengarahkan para siswa agar dalam pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS terlaksana sebagaimana tata cara pemilu yang dilaksanakan KPU layaknya pemilu di negara ini. KPU tidak hanya memberikan bimbingan, tapi juga memfasilitasi sekolah dengan membuat bilik suara yang dijadikan Tempat Pemungutan Suara (TPS), menyediakan kotak suara, tinta, busa, atribut pemilu dan sebagainya.

“Jadi, pilkatos di MAN 2 ini memiliki tahapan seperti layaknya pemilu yang biasa kita ikuti. Semua tahapannya lengkap, bahkan sebelum hari H juga dilakukan debat kandidat, yang berlangsung sangat menarik,’ tambah Candra.

Sementara Ragil Putra, dari kelas XI IPA yang terpilih jadi Ketua KPU MAN 2 mengatakan, pada pilkatos yang dilaksanakan sesuai mekanisme pemilu, terjaring sebanyak tiga paslon (pasang calon) untuk dipilih, yakni pasangan nomor urut 1 Aldioni Maechelda-Romie Daramendra, nomor urut 2 Muhammad Iqbal-Tri Nanda AM, serta urut 3 Rizka Rahmah-Fadilah Rizky untuk menggantikan jabatan ketua dan wakil ketua OSIM sebelumnya yang sudah berakhir.

Dari pemungutan suara terhadap 646 pemilih dengan tiga TPS, katanya, pasangan nomor urut tiga selalu mengungguli perolehan suara dengan total sebanyak 255 suara, pasangan nomor urut 2 sebanyak 161 suara dan pasangan nomor urut 1 sebanyak 157 suara.

Jadi, pemenang pilkatos secara demokratis di MAN Bukittinggi untuk periode 2017-2018, lanjut Ragil adalah siswa perempuan keduanya, yakni pasangan Rizka Rahmah sebagai ketua dan Fadilah Rizky sebagai wakil dari dari kelas XI IPA 1

Menurut Ragil, dengan digelarnya pilkatos yang dilaksanakan dengan sistem pemilu berkat arahan KPU Kota Bukittinggi sangat bermanfaat bagi siswa yang sudah memiliki hak pilih pada pemilu 2019 mendatang.

“Dengan adanya kegiatan pilkatos ini, kami selain sudah memahami tata cara pemilu, kami juga sudah dapat melaksanakan hak pilih secara cerdas. Tak hanya itu, kami juga siap diterima sebagai panitia pelaksana pemilu baik pilkada, pileg maupun panitia pilpres,” tambahnya.

Kepala MAN 2, Roslindawati menambahkan, dengan dihelatnya pilkatos ini memberikan hasil yang positif bagi pemilih pemula dalam meningkatkatkan pemahaman dan pengetahuan tentang pemilihan umum, serta adanya kesadaran dan partisipasi dalam menggunakan hak pilih, baik pada pilkada, pileg dan pilpres, terutama menghadapi pemilu tahun 2019 mendatang. (h/rdw)

 

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]om