70 Pelajar Sumbar Lulus Seleksi Al-Azhar Mesir


Selasa, 26 September 2017 - 10:18:46 WIB
70 Pelajar Sumbar Lulus Seleksi Al-Azhar Mesir Duta Besar Indonesia untuk Mesir Helmy Fauzy, (tengah) bersama dengan mahasiswa baru asal Indonesia yang menuntut Ilmu di Universitas Al-Azhar Kairo. (KBRI Kairo)

PADANG, HARIANHALUAN.COM—Sebanyak 70 calon mahasiswa baru asal Sumatra Barat (Sumbar) lulus seleksi tingkat nasional yang dilaksanakan Kementerian Agama (Kemenag) RI bekerja sama dengan Universitas Al-Azhar dan Ikatan Alumni Al-Azhar. Mereka akan melanjutkan studinya di Univeristas Al-Azhar, Mesir.

"Calon mahasiswa baru ini merupakan lulusan Madrasah dan Pesantren dari 19 kabupaten/kota di Sumbar yang ikut seleksi secara nasional. Dari sekian banyak peserta yang ikut seleksi, terpilih 70 orang dari Sumbar terdiri dari 52 laki-laki dan 18 perempuan. Se-Indonesia, jumlahnya 1.400 orang," ujar Ketua Ikatan Alumni Al-Azhar Internasional (IAAI) Sumbar, Hidayatullah, setelah melepas calon mahasiswa baru Al-Azhar di Auditorium Gubernuran, Padang, Senin (25/9).

Ia mengutarakan, minat mahasiswa Sumbar untuk melanjutkan studi ke Universitas Al-Azhar sangat banyak yang dibuktikan dengan meningkatnya jumlah mahasiswa Sumbar yang berkuliah di Al-Azhar.

"Tahun lalu saja hanya 40 orang. Mengalami peningkatan pada tahun ini, dengan mengirim 70 orang. Sehingga sangat bagus untuk perkembangan ilmu mahasiswa Sumbar," katanya.

Meningkatnya jumlah mahasiswa Sumbar yang melanjutkan studi ke Al-Azhar, menurut Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, merupakan kebanggaan bagi Sumbar. Ilmu yang diperoleh nanti oleh calon mahasiswa ini dapat diterapkan dalam membantu pembangunan di Sumbar, terutama bidang keagamaan.

"Sumbar sangat membutuhkan orang yang berilmu agama sehingga nanti dapat mengarahkan masyarakat kepada hal yang lebih baik," tuturnya.

Irwan berpesan kepada calon mahasiswa baru Al-Azhar itu untuk menghindari daerah konflik karena beberapa waktu lalu mahasiswa Sumbar yang berkuliah di Mesir sempat berurusan dengan pihak berwenang di sana. (h/dib)

 

Editor: Rivo Septi Andries

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 23 Juni 2020 - 17:45:10 WIB

    Tawaran Menarik, Beasiswa S2 di Perancis Dapat Biaya Hidup 700 Euro Per Bulan

    Tawaran Menarik, Beasiswa S2 di Perancis Dapat Biaya Hidup 700 Euro Per Bulan HARIANHALUAN.COM - Buat kamu yang kuliah di jenjang S2 di Perancis, ada tawaran menarik nih! Pemerintah Perancis, melalui Institut Prancis di Indonesia (IFI) – Kedutaan Besar Prancis di Indonesia, membuka kembali program .
  • Senin, 16 Maret 2020 - 14:47:45 WIB

    Cegah Corona, Politeknik ATI Padang Produksi 1.700 Hand Sanitizer

    Cegah Corona, Politeknik ATI Padang Produksi 1.700 Hand Sanitizer PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Tim Reaksi Cepat (TRC) Politeknik ATI Padang menciptakan cairan pembersih tangan (Hand Sanitizer). Proses pembuatan Hand Sanitizier digelar di Laboratorium Terintegrasi dan Teaching Factory, Prodi .
  • Rabu, 12 Juni 2019 - 17:34:29 WIB

    ITP Siapkan 700 Kursi untuk Mahasiswa Baru

    ITP Siapkan 700 Kursi untuk Mahasiswa Baru PADANG, HARIANHALUAN.COM - Institut Teknologi Padang (ITP) tahun ajaran 2019/2020 menyiapkan kuota penerimaan mahasiswa baru sebanyak 700 orang. Jumlah tersebut tersedia untuk delapan program studi..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]