REKONSTRUKSI PEMBUNUHAN ATOM CENTER

Tersangka Siapkan Pisau Sebelum Bertemu Korban


Selasa, 26 September 2017 - 10:24:51 WIB
Tersangka Siapkan Pisau Sebelum Bertemu Korban Rekontruksi pembunuhan di Atom Center Padang, Senin (25/9).

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Masih ingat dengan peristiwa pembunuhan di Kawasan Matahari Lama (Atom Center) Jalan Hiligo, Kecamatan Padang Selatan pada 20 Agustus 2017 lalu. Jajaran Polsek Padang Selatan melaksanakan reka adegan ulang (Rekonstruksi) di TKP, Senin (25/9) sekitar pukul 10.00 WIB. Dalam 13 adegan rekonstruksi, terlhat tersangka, Yaso Telaumbenua telah mempersiapkan sebilah pisau sebelum bertemu korban.

Tersangka yang memakai baju tahanan warna hijau, terlihat begitu tenang memperagakan kembali adegan-adegan yang dilakukannya saat menewaskan korban bernama Asama Bago (54 tahun) yang tak lain merupakan rekannya sendiri. Selama rekonstrusi berlangsung, turut hadir pihak Jaksa Penuntut Umum (JPU) dan berjalan kondusif dalam pengawalan ketat aparat kepolisian.

Dalam adegan pertama, tersangka yang datang ke TKP  telah mempersiapkan sebilah pisau dari rumahnya dan menyelipkannya dipinggang sebelah kanan. Kemudian diadegan kedua dan ketiga, tersangka datang ke Atom Center dan duduk sekitar 30 menit untuk menunggu korban. Disini, tersangka sempat berbincang-bincang dengan dua orang saksi yang sedang berdagang disana yakni Yohanes Bago dan Yuliana.

Diadegan keempat, korban pun datang dan langsung dihampiri oleh tersangka. Disini terjadi perbinacangan terkait utang piutang antara korban dan tersangka. Ditengah perbincangan terjadi cek-cok karena korban kembali mengundur waktu pembayaran utangnya kepada tersangka sebesar Rp 700 ribu. Sampai akhirnya, tersangka memukul hidung korban hingga terjatuh diadegan kelima.

Adegan keenam, kedua saksi yang melihat korban terjatuh akibat dipukul tersangka bergegas mendekat untuk melerai. Namun, saat korban terjatuh dan hendak bangkit, tersangka langsung mengeluarkan pisaunya dari pinggang dan langsung menikam perut bagian kanan korban sebanyak satu kali. Penikaman ini terlihat dalam adegan ketujuh.

Akibat tusukan itu, di adegan ke delapan korban tergeletak di lantai bersimbah darah dalam kondisi masih sadar dan menjerit kesakitan.

Di adegan sembilan dan sepuluh, saksi, Yohanes Sago berhasil memisahkan pertikaian antara korban dan tersangka dan berupaya mengangkat korban menuju sepeda motor untuk dibawa ke rumah sakit. Namun karena panik dan tergesa-gesa, saksi dan korban malah jatuh dari sepeda motor sebelum kendaraan dihidupkan. Disini korban kaki korban sempat terjepit diantara sepeda motor yang jatuh di parkiran.

Ketika adegan 11, saksi Yohanes bago dan Sandi Harefa mengangkat korban untuk dibawa ke rumah sakit Yos Sudarso menggunakan sepeda motor. Namun, tak lama di Rumah Sakit, korban menghembuskan nafas terakhir. Kemudian di adegan 12 hingga 13 tersangka meninggalkan TKP dan sempat membuang pisau ke sebuah drainase kemudian menuju  ke Mapolsek Padang Selatan  untuk menyerahkan diri.

Kapolresta Padang, Kombes Pol Chairul Aziz melalui Kapolsek Padang Selatan, AKP Riko Fernanda mengatakan rekonstruksi telah dilaksanakan dan berjalan dengan aman. Ini dilakukan untuk melengkapi berkas penyelidikan sebelum dilimpahkan ke kejaksaan.

“Rekonstruksi ini untuk kepentingan penyelidikan agar berkas bisa dilengkapi. Kemudian dalam waktu dekat akan kami limpahkan ke Kejaksaan,” kata Kapolsek Padang Selatan, AKP Riko Fernanda. (h/ang)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]