Atasi Banjir, Muzni Zakaria Luncurkan Proyek Pengendalian Banjir Senilai Rp114 Miliar


Selasa, 26 September 2017 - 17:54:38 WIB
Atasi Banjir, Muzni Zakaria Luncurkan Proyek Pengendalian Banjir Senilai Rp114 Miliar Bupati Solsel, H.Muzni Zakaria (tiga dari kanan) berfoto bersama mewakili kepala balai wilayah V Sumatra, Al Izhar Kasubdit Bintek Direktorat Sungai dan Pantai Ditjen Sumber Daya Air Kemen PUPR, Dian Kamila, Sekdakab, Yulian Efi, Wakil Ketua DPRD, Armen Syahjohan saat launching pemancangan konstruksi pembangunan pengendalian banjir dan sendimen Batang Bangko, Selasa (26/9). JEFLI

"Untuk penyebab banjir bandang ini masih identifikasi. Tetapi, kita berharap musibah banjir dan bencana alam lainnya tidak terjadi lagi,"katanya.

Mewakili Kepala balai wilayah V Sumatra, Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Al Izhar menyebutkan alokasi mega proyek tersebut sebenarnya mulai disulkan pada 2016. Namun, karena keterbatasan anggaran maka bisa terealisasi pada 2017.

"Total anggaran sekitar Rp650 miliar dibagi empat tahap. Untuk tahap I sebesar Rp114 miliar, tahap II sebesar Rp225 miliar, tahap III Rp156 miliar, tahap IV Rp150 miliar. Sehingga, untuk melanjutkan proyek tahap kedua hingga tahap empat masih tersisa anggaran sekitar Rp500 miliar lebih, mohon diperjuangkan kembali,"ungkapnya.

Solsel, imbuhnya menjadi daerah yang harus terus diperhatikan karena berbagai potensi bencana alam yang terus mengancam disebabkan geografis wilayah. Pihaknya juga salut akan kegigihan bupati yang selalu 'nyinyir' bertanya dan mengusulkan bantuan pengendalian banjir ke berbagai pihak. "Secara keseluruhan untuk pengendalian banjir Solsel butuh Rp650 miliar. Namun, ketersediaan dana pada 2017-2018 baru sekitar Rp114 miliar. Kita harapkan melalui Kemen PUPR dapat terus menganggarkan kekurangan dana tersebut untuk tahun berikutnya,"tandasnya.

Kasubdit Bintek Direktorat Sungai dan Pantai Ditjen Sumber Daya Air Kemen PUPR, Dian Kamila menybutkan dalam pengawasan pengerjaan mega proyek itu ikut melibatkan putra daerah dan tim pengawas yang kompeten.

"Untuk pengerjaan tahap pertama 2017 dikerjakan sepanjang 2 km dan sepanjang 2,6 km lagi pada 2018 sehingga total panjang pengerjaan tahap pertama sepanjang 4,6 km pada 2017-2018. Apabila dalam pengerjaan ini sesuai tenggat waktu maka besar harapan bisa dilanjutkan ditahun berikutnya,"ujarnya.  

Sementara, Ketua LKAAM Solsel, Noviar Dt.Rajo Endah turut mengapresiasi dan berterimakasih karena telah masuknya APBN ke Solsel untuk tahap pertama. "Solsel hampir tiap tahun terkena bencana. Batang Bangko dan Batang Suliti merupakan dua sungai besar di Solsel. Kita berharap pembangunan bisa berkelanjutan dan Bupati terus melakukan upaya lobi ketingkat pusat untuk kemajuan daerah,"tandasnya. 

Rincian paket pekerjaan antara lain, Normalisasi 2,6 km, Revetment 4,6 km, Sabo Dam 2 unit, Sand Pocket 1 unit, Groundsill 2 unit. Ikut hadir saat launching diantaranya, Sekdakab Solsel, Yulian Efi. Wakil Ketua DPRD, Armen Syahjohan. Asisten Perekonomian, Epli Rahmat. Anggota Ikatan Keluarga Masyarakat Solok Selatan, Ibu Medi,Hasmurdi Hasan. Kepala OPD, Walinagari,tokoh masyarakat dan pemuda. (h/jef)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 14 Juni 2017 - 15:41:01 WIB

    Atasi Kekeringan, Desa di Sawahlunto Ini Bangun Embung Dalam Gua

    Atasi Kekeringan, Desa di Sawahlunto Ini Bangun Embung Dalam Gua SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM—Salah satu desa di Kota Sawahlunto membuat embung untuk mengatasi kekeringan. Namun, yang unik lokasi pembuatan penampung air tersebut berada di goa..
  • Senin, 12 Juni 2017 - 14:23:46 WIB

    Atasi Konflik Sosial, Pasaman Barat Pakai Aplikasi Elektronik

    PASBAR, HARIANHALUAN.COM- Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) membuat dua program unggulan untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat..
  • Senin, 24 Oktober 2016 - 01:03:35 WIB

    Atasi Kenakalan Pelajar, Pemko dan DPRD Munculkan Terobosan Baru

    PADANG PANJANG, HALUAN — Komitmen Walikota Padang Panjang, H Hendri Arnis beserta jajarannya dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Padang Panjang perlu diapresiasi..
  • Jumat, 01 Juli 2016 - 05:06:37 WIB

    Atasi Kemacetan, Kota Solok Butuh Jalan Dua Jalur

    SOLOK, HALUAN — Jalan dua jalur memang sudah saatnya dibangun dalam wilayah Kota Solok. Terutama pada jalan nasional sebagai wujud dalam mencirikan sebuah kota. Kenyataannya, sampai saat ini jalan-jalan utama dalam Kota Sol.
  • Kamis, 24 Maret 2016 - 03:40:44 WIB

    Sejumlah Titik Longsor Berhasil Diatasi

    BATUSANGKAR,HALUAN — Sejumlah titik longsor yang melanda sejumlah sarana dan prasarana masyarakat Nagari Atar Kecamatan Padang Gantiang, berhasil ditangani atas koordinasi BPBD dengan instansi terkait seperti Dinas PU dan T.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM