Pemkab Padang Pariaman Gelar Lomba B2SA


Rabu, 27 September 2017 - 02:59:18 WIB
Pemkab Padang Pariaman Gelar Lomba B2SA WAKIL Bupati Padang Pariaman sedang mencicipi makanan dari salah satu peserta pada acara lomba cipta menu, Selasa (26/9) di Hall Saiyo Sakato, Pariaman. BUSTANUL ARIFIN

PADANG PARIAMAN, HALUAN - Kepada semua PKK yang ada di Kabupaten Padang Pariaman agar bisa menciptakan kreasi makanan dari hasil pertanian yang ada dalam lingkungan. Ini langkah awal menciptakan sumber manusia yang mempunyai wawasan yang belum direcoki makanan yang mengandung bahan kimia.

"Ini adalah langkah awal dalam menciptakan makanan dari hasil kebun kita sendiri, tentu dengan ini bertujuan untuk membentuk sumber daya manusia dalam menciptakan makanan tanpa bahan pengawet," ujar Wakil Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur dalam acara lomba cipta menu Berimbang Bergizi Sehat dan Aman (B2SA) non beras, non terigu tingkat Kabupaten Padang Pariaman di Hall saiyo Sakato Pariaman, Selasa (26/9).

Dia menjelaskan, semua makanan yang dibuat oleh semua peserta adalah dari hasil pertanian lingkungan sendiri yang ditonjolkan, dan pada lomba B2SA ini bisa menghasilkan komoniti yang akan dijual kepada wisatawan luar maupun wisatawan lokal, karena ini bersinergi dengan dinas pariwisata, perindustrian serta pemberdayaan perempuan.

"Sehingga di Padang Pariaman muncul tenaga-tenaga dari ibu-ibu yang bisa menghasilkan makanan berbahan dari pertanian lingkungan sendiri, tentu dengan ini bisa meningkatkan ekonomi masyarakat kaum ibu-ibu," terang Suhatri Bur.

Katanya, ia merasa bangga dengan makanan yang dibuat para peserta dari berbagai makanan dari bahan-bahan yang banyak disekitar lingkungan, seperti berbahan ubi, nasi goreng dari pisang, sate dari ikan, donat dari ubi serta dendeng jantung pisang.

"Ini adalah satu langkah di Padang Pariaman untuk meningkatkan tahan pangan, dan produksi pangan meningkat serta kosumsi kita dialihkan kemakanan olahan tanaman dan tumbuhan kita sendiri. Sehingga pikiran anak-anak tidak ada dimasuki oleh pikiran yang lain disebabkan pengaruh dari bahan-bahan yang berbahaya seperti formalin dan lain sebagainya," katanya.

Untuk itu, Suhari Bur berharap kepada semua PKK yang menjadi peserta lomba jangan membuat makanan tanpa bahan pengawet disaat perlombaan saja, akan tetapi selalu dibuat untuk menu makanan bersama keluarga, baik itu untuk sarapan pagi maupun untuk makanan di malam hari. "Makanan seperti ini sangat banyak gizinya, serta mengandung protein dan untuk itu kepada semua dinas agar bisa mengemas makanan seperti untuk dijual kepasaran. Ini suatu langkah untuk meningkatkan ketahanan pangan kita," ulasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Padang Pariaman, Yurisman menyebutkan, peserta lomba cipta menu ini adalah semua PKK yang ada dalam tujuh belas kecataman yang di Padang Pariaman ini. "Semua peserta ini adalah semua PKK disetiap kecamatan yang dipimpin oleh ibuk camatnya masing-masing, pada acara lomba ini semua peserta diminta untuk membuat makanan dari hasil daerahnya masing-masing yang menonjol, seperti di Kecamatan Patamuan yang menonjol pepaya, silahkan buat makanan yang berbahan pepaya dan di Gasan Gadang menghasilkan silahkan juga membuat makanan berbahan dari ikan, Lubuk Alung menghasilkan jagung dan ubi kayu silahkan juga membuatkan makanan berbahan jagung dan ubi kayu," kata Yurisman.

Dan lagi katanya, kegiatan lomba cipta menu ini diadakan pada tahun 2011 yang lalu, dan sekarang dilakukan kembali lomba tersebut. Untuk lomba ini, kami menghadirkan tiga orang dewan juri, pertama dari PKK sendiri dan ini bertujuan untuk memberikan motivasi kepada peserta, dan dari dinas kesehatan tentu dari nilai gizi dan protein makanan tersebut, dan dari dinas pertanian perprifikasi pangan. "Ini sudah berkembang, jadi kita memantau dengan cara melombakan cipta menu ini, bagi yang berhasil menjadi yang terbaik akan diberikan hadiah tropy serta alat-alat rumah tangga yang bisa dimanfaatkan oleh peserta yang terdiri dari ibu-ibu ini," ulas Yurisman. (h/bus)

 

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]