OPD Pasbar Diimbau Tingkatkan Pelayanan


Rabu, 27 September 2017 - 03:01:43 WIB

PASBAR, HALUAN — Bupati Pasbar, Syahiran mengimbau seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Daerah (Pemda) Pasaman Barat (Pasbar) untuk aktif mengikuti apel pagi. Selain itu, Syahiran juga menegaskan kepada kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk meningkatkan pelayanan bagi masyarakat dan bekerjalah sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya (tupoksi) masing-masing.

Hal ini disampaikan oleh Bupati Pasbar H. Syahiran ketika apel gabungan Senin (25/9) lalu. Sebagai Aparatur Sipil Negara sikap disiplin merupakan kewajiban yang tidak bisa ditawar-tawar. Sebab, sebelum menjatuhkan pilihan bekerja sebagai abdi negara sudah ditegaskan untuk menerapkan disiplin. Kalau tidak menerapkan sikap disilpin dan bekerja sesuai dengan kehendak hati lebih baik mengundurkan diri saja. Dari pada korupsi waktu melayani masyarakat.

“Jika dalam bekerja tidak menerapkan disiplin, bagaimana mau meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Anda seharusnya sudah masuk kantor misalnya pukul 07.30 WIB, ternyata masih berkeliaran di luar. Ini seharusnya tidak terjadi di Pemda Pasbar. Saya akan pantau terus sikap disiplin ASN Pemda Pasbar ini,” imbau Syahiran.

Selain itu, tegas Syahiran, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus bekerja sesuai dengan tufoksinya masing-masing. Bagaimana mau meningkatkan pelayanan jika tugas pokok dan fungsi tidak diketahui. Tugas kepada dinas jelas mengkoordinir seluruh bawahannya, kepala dinas juga tidak bisa mencampuri tugas sekretaris. Begitu juga sekteraris memiliki kewenangan sendiri, hingga kepala bidang dan kepala seksi.

“Saya sudah mulai mendengar tufoksi ini tidak berjalan sesuai dengan jabatan masing-masing. Bekerjalah sesuai dengan tufoksi kita masing-masing. Yang tidak kalah penting bagi kita semua, kerja itu berbagi dan berkoordinasi antara atasan dan bawahan atas kepala dinas, sekretaris, kabid hingga kasi. Jangan dikerjakan oleh kepala dinas saja seluruhnya,” tegas Syahiran.

Jika sudah bekerja dengan tufoksi masing-masing, realisasi seluruh program dan kegiatan akan berjalan. Sebab, tandas Syahiran pekerjaan terus didesak oleh waktu yang terus berjalan. Oleh sebab itu, tidak ada alasan lagi untuk bekerja santai-santai, harus kejar target.

“Kita punya waktu dalam menjalankan program, ada jangka tiga bulan dan seterusnya,” papar Syahiran.

Untuk menggenjot program kerja nasional yang ada di daerah, Syahiran juga menargetkan bahwa apel gabungan ke depan melibatkan instansi vertikal dalam sekali sebulan. Rencana ini akan diterapkan pada bulan Oktober mendatang.

“Kita akan libatkan instansi vertikal seperti, BPN, Statistik, Kemenag,” urai Syahiran. (h/ows)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]