Penyakit Serang Warga Usai Banjir Solsel


Rabu, 27 September 2017 - 03:05:40 WIB
Penyakit Serang Warga Usai Banjir Solsel Kepala Dinas Kesehatan Sumbar, dr. Merry Yuliesday menyerahkan bantuan kesehatan untuk warga korban banjir di Solok Selatan. IST

PADANG, HALUAN Banjir dan galodo yang melanda masyarakat Pakan Rabaa Tangah Kecamatan Koto Parik Diateh, Solok Selatan beberapa waktu lalu, ternyata mengundang penyakit. Warga korban banjir mengeluhkan penyakit yang dideritanya usai banjir.

 

“Warga korban banjir yang terserang penyakit harus segera ditangani. Saat ini masyarakat sedang menjalani fase pemulihan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Sumbar, dr. Merry Yuliesday pada wartawan, Selasa (26/9) di Padang.

 

  1. hal itu diketahuinya saat melakukan kunjungan ke lokasi bencana. Namun kondisi tersebut segera dapat diatasi, karena kesehatan masyarakat yang terkena galodo tidak berpotensi mewabah. Sebab masa kritisnya sudah terlewati.

 

"Lokasi yang terkena galodo kebanyakan adalah lahan pertanian dan perumahan masyarakat. Lokasi perumahan masyarakat agak sulit dijangkau, ini yang agak sulit bagi petugas dalam memberikan bantuan," kata Merry.

 

Meski begitu, petugas dari Ddinas Kesehatan khususnya dari provinsi tetap berusaha menembus lokasi untuk memberikan bantuan dan pemeriksaan kesehatan. Bantuan disalurkan pada Minggu (24/9), berupa Pemberian Makanan Tambahan (PMT) bagi ibu hamil dan untuk balita dan beras serta kebutuhan masyarakat lainnya.

 

Bantuan lainnya yang disalurkan hari itu juga berasal dari Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) berupa kompor gas, alat sekolah serta makanan.

 

"Bantuan itu kami serahkan di posko bencana dan diterima Camat Pakan Rabaa. Dan tentunya bantuan tersebut diharapkan bermanfaat bagi saudara-saudara kita yang terkena musibah galodo," ujar Merry.

 

Sementara, ada pun penyakit yang diderita masyarakat pasca galodo adalah Ispa 33 kasus, diare 1 kasus, febris 6 kasus, hipertensi 5 kasu, dermatitis 18 kasus, gastritis 1 kasus, artritis 2 kasus, cepalgia 6 kasus, konjungtivitis 1 kasus dan mialgia 3 kasus.

 

"Kasus di atas ditemukan petugas di Jorong Bancah Anak Lolo, pada hari pertama petugas sampai di lokasi. Total kunjungan masyarakat berobat, sejak petugas datang sampai Senin kemarin sebanyak 77 kunjungan," sebut mantan Kadis Kesehatan Kota Payakumbuh tersebut.

 

Sedangkan di Jorong Batang Lolo Atas, pasca galodo menderita febris 2 kasus, Ispa 9 kasus, hipertensi 2 kasus, dermatitis 2 kasus, mialgia 3 kasus, cepalgia 9 kasus, diare 1 kasus, artritis 1 kasus dan gastritis 4 kasus. Di Jorong Batu Kulambai, petugas menemukan Ispa 4 kasus, febris 1 kasus, hipertensi 1 kasus, mialgia 1 kasus dan arthritis 1 kasus.

 

Merry berharap, masyarakat yang terkena dampak galodo tetap dapat menjalankan prilaku hidup sehat dan bersih, mengingat pasca banjir akan banyak jenis penyakit yang bisa menjangkiti masyarakat.

 

"Pola hidup bersih dan sehat harus tetap dijalani. Ini salah satu upaya pencehagan penularan penyakit yang tak diinginkan. Bagi masyarakat yang barang-barangnya terendam banjir cucilah secara bersih pakai sabun. Jangan asal cuci, sebab bisa menimbulkan bermacam penyakit," terang Merry.

 

Sebagaimana diketahui galodo yang menghantam Nagari Pakan Rabaa Tangah, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh Solok Selatan terjadi pada Kamis malam (14/9), sekira pukul 20.30. Akibatnya sebanyak 138 rumah rusak. Tidak ada korban jiwa dalam musiba tersebut. Namun sebanyak 42 KK terpaksa mengungsi. (h/vie)


 

 

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 19 September 2020 - 21:29:24 WIB

    RSUP M Djamil Padang Pastikan Meninggalnya Bupati Tanah Datar Murni Karena Penyakit Biasa

    RSUP M Djamil Padang Pastikan Meninggalnya Bupati Tanah Datar Murni Karena Penyakit Biasa HARIANHALUAN.COM - Bupati Kabupaten Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi, menghembuskan nafas terakhir, setelah menjalani selama sekitar 30 hari lebih kurang di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M Djamil Padang..
  • Selasa, 14 Juli 2020 - 15:23:33 WIB

    Derita Penyakit Jantung, Andre Rosiade Bantu Pengobatan Rijal Islami

    Derita Penyakit Jantung, Andre Rosiade Bantu Pengobatan Rijal Islami HARIANHALUAN.COM - Rijal Islami (53) memberanikan diri membuat status di akun facebook-nya, bertanya bagaimana mendapatkan bantuan dari Anggota DPR RI Andre Rosiade. Pasalnya, dia sudah sekitar delapan tahun menderita komplik.
  • Rabu, 11 Mei 2016 - 12:26:25 WIB
    Wabup Kawal Pengambilan Sampel Darah Malam Hari

    Seorang Warga Saok Laweh Terindikasi Derita Penyakit Kaki Gajah

    Seorang Warga Saok Laweh Terindikasi Derita Penyakit Kaki Gajah AROSUKA, HALUAN --Pemerintah Kabupaten Solok, Selasa (10/5) sekitar pukul 20.15 WIB malam, melakukan tes sampel darah bagi masyarakat yang ada di Nagari Saok laweh Kec. Kubung. Tes darah ini dilakukan terkait adanya masyaraka.
  • Rabu, 10 Februari 2016 - 16:12:17 WIB
    Masyarakat Mulai Gatal-gatal

    Penyakit Pascabanjir Mengintai

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN—Pasca banjir di Nagari Pangkalan dan Gunuang Malintang, Kecamatan Pangkalan Koto Baru, Senin (8/2), tumpukan lumpur, pasir dan bebatuan memenuhi rumah masyarakat..
  • Senin, 25 Januari 2016 - 04:06:15 WIB

    Penyakit DBD Mulai Menghantui Warga

    Bukittinggi, Haluan — Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) mulai menghantui warga Kota Bukittinggi, menyusul curah hujan tinggi sejak beberapa hari terakhir. Awal 2016, tercatat se­banyak delapan warga telah menderita DBD..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]