SIDAK KE DPPKB

Wabup Atos Periksa Kendaraan Dinas


Rabu, 27 September 2017 - 03:08:01 WIB
Wabup Atos Periksa Kendaraan Dinas SIDAK KE DINAS - Wabup Pasaman, Atos Pratama memberikan arahan saat memimpin sidak di Dinas Pengendalian Penduduk dan KB, Selasa (26/9). YUDI LUBIS

PASAMAN, HALUAN - Wakil Bupati Pasaman, Atos Pratama kembali melanjutkan aksi inspeksi mendadak (Sidak) kesejumlah Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) di lingkup pemerintah setempat, Selasa (26/9). Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) setempat menjadi sasaran dalam sidak kali ini.

 

Kedatangan orang nomor dua di Pasaman itu membuat seluruh jajaran di dinas tersebut kaget, termasuk Kepala DPPKB setempat, Yusnimar. Tidak hanya memimpin apel, ia juga menyigi kebersihan setiap ruangan. Termasuk kenderaan dinas milik DPPKB itu.

 

"Silahkan dilanjutkan apelnya. Berapa yang tidak hadir," kata Wakil Bupati Atos Pratama, sembari masuk ke dalam barisan untuk ikuti kegiatan apel.

 

"Tidak ada yang tanpa keterangan. Yang ada cuma izin sakit dua orang pak wabup. Demikian kami laporkan," jawab Kepala Dinas P2KB Kabupaten Pasaman, Yusnimar.

 

Ia mengatakan, sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) sudah seharusnya memberi contoh yang baik. Tidak hanya dilingkungan tempat kerja, melainkan dilingkungan tempat tinggalnya.

 

"ASN, harus menjadi suri tauladan, memberikan contoh terbaik. Tidak hadir terlambat, tidak malas bekerja. Tahu antara hak dan kewajibannya sebagai aparatur pemerintah," katanya.

 

Disaat memberi arahan, ia juga meminta para ASN yang tidak rapi untuk merapikan penampilannya. Sebab, kata dia, penampilan yang rapi dan modis akan menambah tingkat kepercayaan ASN itu sendiri. Termasuk, mampu meningkatkan etos kerja.

 

"Kerapian juga harus menjadi perhatian. Baju dimasukkan, sepatu warnanya hitam, ikat pinggang hitam, pakai papan nama. Papan nama itu, alat komunikasi. Besok, saya minta semua sudah harus rapi," timpalnya.

 

Ayah tiga anak itu juga menambahkan, bahwa sidak yang ia laksanakan bukan untuk menakut-nakuti ASN. Melainkan, untuk menegakkan disiplin dan tahun tertib dilingkup pemkab itu.

 

"Sidak ini bukan untuk mencari kesalahan seseorang. Tapi, dalam rangka menegakkan tahun tertib dan disiplin yang sudah dicanangkan oleh pak Bupati. Jika, ada saran dan usul silahkan," katanya.

 

Ia juga meminta, koordinasi antar pimpinan dengan bawahan harus terjalin dengan baik. Demikian pula dengan komunikasi. Jika itu terwujud, maka akan dapat menciptakan suasana kerja yang baik penuh dengan kekeluargaan.

 

"Komunikasi antar bawahan dengan pimpinan harus terus terjalin baik. Demikian pula koordinasi antar pimpinan dengan para bawahan," ujarnya.

 

//Dalam sidak itu, sejumlah staf di Dinas tersebut melontarkan keluhan kinerja pihak BAZNAS setempat yang dianggap tak mau berkoordinasi. Akibatnya, sejumlah program di dinas itu, terkendala karena pihak Baznas enggan menggelontorkan dana untuk program pengentasan kemiskinan.

 

"Kita punya program pokok pemberian bantuan modal usaha bagi kelompok UPPKS kami pak Wabup. Padahal, itu masuk program kerja Baznas, Pasaman Sejahtera," kata Sekretaris pada Dinas P2KB, Siti Kadhijah.

 

Periode dulu, kata dia, bantuan dari Baznas untuk 20 kelompok UPPKS di daerah itu pernah mencapai angka Rp70 juta per tahun. Namun, dipengurusan baru sekarang bantuan itu tidak pernah lagi direalisasikan.

 

"Kita sudah koordinasi, tapi tak ada tanggapan. Alasannya, belum prioritas. Saking seringnya bolak balik kesana, sampai habis tapak sepatu kita. Kita mengusulkan 20 UPPKS bisa dibantu, karena prioritas," ungkap Yusnimar.

 

Ia pun meminta, Asisten II sebagai pengawas kinerja di lembaga pengumpul zakat, infak dan shodaqoh itu segera menindaklanjuti keluhan dan masukan tersebut untuk segera disampaikan kepihak Baznas.

 

"Tolong pak Susilo, segera ditindaklanjuti ini. Jangan sampai, Baznas sebagai salah satunya lembaga pengentasan kemiskinan tidak menggubris sedikitpun program pensejahteraan masyarakat untuk masyarakat," ucapnya.

 

Pada sidak kali ini, ia membawa dua staf ahli bupati yakni Hermanto dan Desrizal, Asisten II bidang ekonomi dan kesejahteraan rakyat (Kesra), MN Soesilo, Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) Anwir. (h/mg-yud)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]