87 Keltan Tanah Datar Terima Bantuan Alsintan


Rabu, 27 September 2017 - 03:16:04 WIB
87 Keltan Tanah Datar Terima Bantuan Alsintan Kepala Dinas Pertanian menyerahkan Alsintan kepada 87 orang pengurus kelompok tani. IST

TANAH DATAR, HALUAN - Sebanyak 87 kelompok tani menerima bantuan alat mesin pertanian dari Provinsi Sumatera Barat. Diantara bantuan yang diserahkan langsung melalui Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Datar tersebut diantaranya, 27 unit hand traktor,10 unit pompa air, 50 unit hand sprayer.
Penyerahan Alsintan secara langsung kepada pengurus kelompok tani se Tanah Datar tersebut dilaksanakan di halaman kantor setempat, di Pagaruyung Senin (25/9).

“Penggunaan hand traktor saat ini sudah menjadi kebutuhan utama di pertanian, karena pengerjaan secara manual dengan menggunakan tenaga manusia membutuhkan waktu yang cukup lama, disamping itu ketersediaan tenaga kerja manusia saat ini sudah mulai berkurang karena banyaknya petani yang telah beralih profesi ke usaha non pertanian lain, oleh karena itu dengan memanfaatkan  hand traktor tersebut mampu mengefisiensikan waktu, upah dan tenaga," sebut Kadis Pertanian Daryanto Sabir.
Menurutnya, disamping program untuk pencapaian swasembada pangan haruslah dibarengi dengan cukupnya sarana peralatan pertanian.

"Dengan pemanfaatan Alsintan diyakini mampu meningkatkan hasil produksi pertanian serta target swasembada pangan akan terujud, akhirnya nanti akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pertanian," sebutnya.
Lebih lanjut Daryanto Sabir menyebutkan, guna mendapat hasil yang maksimal harus ada pengendalian air terutama dimusim kemarau, oleh karenanya pihaknya memberikan solusi dengan menyerahkan 10 unit pompa air dan begitu juga dengan hand sprayer yang bermanfaat untuk pengendalian hama dan penyakit tanaman serta dapat membantu petani dalam pemupukan.
"Kita harap petani dapat memanfaatkan bantuan sarana pertanian yang telah diterima oleh masing-masing kelompok dan peliharalah agar sarana ini  bisa lebih lama lagi dimanfaatkan untuk kepentingan bersama," harapnya. (h/fma)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]