Pemko Sawahlunto Bedah 30 RTLH Setiap Tahun


Rabu, 27 September 2017 - 03:19:51 WIB
Pemko Sawahlunto Bedah 30 RTLH Setiap Tahun PERSONIL TRC Kesabng Pol PBD saat membantu pengerjaan program bedah rumah. IST

SAWAHLUNTO, HALUAN - Setidaknya 30 rumah milik masyarakat tidak mampu diperbaiki dari kondisi tidak layak menjadi layak huni melalui program bedah rumah setiap tahunnya. Hal itu dilakukan untuk mengatasi masalah kemiskinan dalam upaya. meningkatkan derajat hidup masyarakatnya.

"Bedah rumah ini diambil dari berbagai sumber pembiayaan, mulai bantuan dari Baznas Kota juga didanai dari kegiatan Badan Kesbangpol PBD dan Dinas Sosial Kota Sawahlunto dengan sumber dana dari APBD dan APBN dengan besaran bantuan Rp10 juta hingga Rp15 juta rupiah," kata Walikota Ali Yusuf.

Selain itu sebutnya, pemko juga aktif menjalin komunikasi dan menjajal lobi-lobi dengan berbagai pihak terutama BUMN untuk membantu percepatan program bedah rumah ini. Di tahun 2015, Pemko sudah melakukan survey Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dan diketahui di kota ini terdapat sekitar 400 Rumah Tidak Layak Huni yang dihuni oleh ratusan KK.

"Untuk realisasi pengerjaannya bedah rumah dibantu dari tenaga TRC Kesbang Pol PBD, Pol PP juga melibatkan warga sekitar, sehingga besaran bantuannya bisa dioptimalkan pada biaya bahan bangunannya saja," ungkapnya.

Sementara itu Kepala Badan Kesbangpol PBD Adriyusman mengatakan, pihaknya menurunkan bantuan tenaga untuk membantu masyarakat menyelesaikan pengerjaan bedah rumah ini. Tidak saja turun saat terjadi bencana, personil TRC PBD juga dilibatkan dalam membantu program bedah rumah ini.

" Personil kita turunkan untuk bergotong royong memberi bantuan tenaga sukarela untuk membantu mempercepat pengerjaan rumah warga kurang mampu. Dalam pengerjaan bedah rumah ini biasanya diturunkan 5 orang tenaga anggota TRC dalam sehari, sampai selesai,” katanya. (h/mg-rki)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM