40 Karya Seniman Seni Rupa Tampil di Tambud


Rabu, 27 September 2017 - 03:23:29 WIB
40 Karya Seniman Seni Rupa Tampil di Tambud PAMERAN SENI RUPA—Seorang pengunjung melihat sebuah lukisan karya seniman seni rupa Sumbar dalam pameran seni rupa Matrilini 2 di Taman Budaya Sumbar, Padang, Senin (25/9). Pameran ini diadakan hingga 2 Oktober. HOLY ADIB

PADANG, HALUAN — Yayasan Seni Rupa Sumbar mengadakan pameran seni rupa bertajuk Matrilini di Taman Budaya (Tambud) Sumbar mulai 25 September sampai dengan 2 Oktober. Matrilini adalah pameran kedua dengan subtema “Minangkabau Today”.

Ketua Yayasan Seni Rupa Indonesia Wilayah Sumbar, Iswandi, mengutarakan, pada Matrilini 2 ini terdapat 40 karya dari 40 seniman. Karya-karya tersebut berupa lukisan, instalasi, patung, dan fotografi.

“Matrilini kali ini adalah yang kedua yang kami adakan. Matrilini 1 kami selenggarakan pada tahun lalu yang menampilkan 53 karya dengan subtema “Mother Land”. Pada Matrilini 2 ini subtemanya “Minangkabau Today”. Subtema ini merupakan kelanjutan dari subtema pertama untuk melihat perkembangna karya seni rupa dari seniman di Sumbar. Jadi, Matrilini adalah ajang pameran berkelanjutan di Sumbar yang diadakan setiap tahun dengan subtema yang berbeda. Secara garis besar, dari tahun ke tahun ada kelanjutan subtemanya,” ujarnya pada pembukaan Matrilini 2 di Tambud Sumbar, Padang, Senin (25/9).

Iswandi menjelaskan, pihaknya menyelenggarakan Matrilinie bukan hanya sebagai penyalur kreativitas seniman, melainkan juga agar seniman berinteraksi dengan budayanya sendiri.

“Sebagai pameran, Matrilini juga diadaka sebagai artefak kebudayaan, menandakan sejauh mana perjalanan, dan dokumentasi perkembangan karya seni rupa seniman Sumbar,” tuturnya.

Sementara itu, Kurator Matrilini, Anton, menyebutkan, dari 40 karya yang ditampilkan 35 karya adalah karya seniman yang diundang yang karyanya tidak perlu diseleksi lagi, sedangkan 15 karya adalah karya yang diseleksi.

“Kami memilih karya dengan dua cara. Pertama, karya undangan, kedua karya yang diseleksi. Ada 25 karya yang masuk pada undangan karya seleksi ini, tetapi hanya 15 orang yang lolos seleksi. Kebanyakan pengirim karya adalah mahasiswa,” ucapnya.

Anton menjelaskan, perbedaan karya yang ditampilkan pada Matrilini 1 dengan Matrilini 2 adalah bahwa pada Matrilini 1 terdapat karya seniman yang sudah meninggal, sedangkan Matrililini 2 hanya menampilkan karya seniman yang masih hidup. Meski demikian, karya pada Matrilini 2 dibuat oleh lintas generasi, baik tua maupun muda.

Kepala Tambud Sumbar, Muasri, pameran Matrilini merupakan program Tambud Sumbar bekerja sama dengan Yayasan Seni Rupa Sumbar untuk mengangkat perjalanan seni rupa dari berbagai generasi di Sumbar dari waktu ke waktu,

“Melalui pameran seni rupa yang ditampilkan, masyarakat dapat melihat bahwa karya seni rupa seniman Sumbar tidak kalah dengan karya seni rupa seniman dari luar karena Sumbar sejak dulu terkenal dengan seniman andal yang melahirkan karya seni berkualitas,” ucapnya. (h/dib)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 14 September 2020 - 20:58:37 WIB

    Pasien Sembuh Covid-19 di Sumbar Kembali Bertambah 40 Orang

    Pasien Sembuh Covid-19 di Sumbar Kembali Bertambah 40 Orang HARIANHALUAN.COM - Hari ini berdasarkan data yang dirilis Pemprov Sumbar pada Senin (14/9/2020) terjadi penambahan pasien yang terkonfirmasi sembuh. Penambahan pasien yang dinyatakan sembih sebanyak 40 orang. Juru Bicara Gugu.
  • Kamis, 27 Agustus 2020 - 11:27:55 WIB

    Hari Ini, Pasien Sembuh Covid-19 di Sumbar Ada 40 Orang

    Hari Ini, Pasien Sembuh Covid-19 di Sumbar Ada 40 Orang HARIANHALUAN.COM - Kasus penambahan pasien positif Covid-19 hari ini bertambah 41 orang dan warga yang dinyatakan sembuh melalui konversi negatif yang dilakukan sebanyak dua kali oleh laboratorium penanganan virus corona berj.
  • Jumat, 14 Agustus 2020 - 11:49:19 WIB

    Covid-19 Masih Hantui Sumbar, 40 Kasus Baru Dilaporkan dari 8 Daerah

    Covid-19 Masih Hantui Sumbar, 40 Kasus Baru Dilaporkan dari 8 Daerah HARIANHALUAN.COM - Nampaknya virus corona masih menghantui ranah Minang hingga saat ini. Pasalnya sebanyak 40 kasus baru kembali dilaporkan oleh Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumbar, Jasman Rizal, Jumat .
  • Jumat, 31 Juli 2020 - 12:23:09 WIB

    Suasana Idul Adha, Sumbar Laporkan 40 Kasus Positif Covid-19

    Suasana Idul Adha, Sumbar Laporkan 40 Kasus Positif Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Momen suka cita Idul Adha 1441 Hijriah membawa berita yang mengejutkan bagi masyarakat Sumatra Barat.  Seperti yang dilaporkan oleh Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Sumbar, sebanyak 40 orang diny.
  • Kamis, 23 Juli 2020 - 22:28:26 WIB

    Operasi Patuh Singgalang 2020 di Payakumbuh 'Makan Korban' 40 Pengendara

    Operasi Patuh Singgalang 2020 di Payakumbuh 'Makan Korban' 40 Pengendara HARIANHALUAN.COM - Satuan Lalulintas Polisi Resor Payakumbuh menilang setidaknya 40 orang pelanggar lalulintas jalan raya. Puluhan pengendara yang ditilang tersebut, terjaring saat hari pertama Operasi Patuh Singgalang 2020 i.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]