Gebu Minang Sumbar Dukung Kongres Bahasa Minang


Rabu, 27 September 2017 - 15:02:59 WIB
Gebu Minang Sumbar Dukung Kongres Bahasa Minang Ketua Umum Gebu Minang, Osman Sapta Odang, memberikan pataka Gebu Minang kepada Ketua Gebu Minang Sumbar, Boy Lestari, setelah pelantikan pengurus Gebu Minang Sumbar di Mercure Hotel, Padang, Sabtu (23/9). IST

PADANG, HARIANHALUAN.COM—Gerakan Ekonomi dan Budaya (Gebu) Minang Sumbar mendukung penuh kongres bahasa Minang yang akan diadakan Dinas Kebudayaan Sumbar pada 2018. Ketua Gebu Minang Sumbar, Boy Lestari, mengatakan, pihaknya mendukung kongres bahasa Minang karena bahasa adalah bagian dari budaya yang harus dijaga, sesuai dengan program Gebu Minang.

Boy Lestari mengutarakan, bahasa Minang adalah ikon orang Minang. Bahasa Minang adalah harga mati bagi orang Minang, mulai dari kanak-kanak sampai orang dewasa.

“Kalau bukan orang Minang yang menjaga bahasa Minang, siapa lagi yang akan menjaganya? Tidak mungkin orang luar Minang akan menjaga bahasa Minang,” ujarnya di Padang, Selasa (26/9).

Boy Lestari menuturkan, orang Minang juga wajib mempelajari bahasa Indonesia karena merupakan bahasa nasional, tetapi jangan mengerdilkan bahasa Minang karena tiap-tiap bahasa itu punya peran masing-masing.

“Dalam keluarga dan ketika berkomunikasi dengan sesama orang Minang, orang Minang seharusnya memakai bahasa Minang. Ajarkanlah anak-anak Minang berbahasa Minang walau bapak dan ibunya tinggal di luar Sumatra Barat,” ucapnya.

Boy Lestari menambahkan, bahasa Minang tidak boleh dilupakan karena merupakan jati diri dan harga diri orang Minang.

Kepala Dinas Kebudayaan Sumbar, Taufik Effendi, berterima kasih atas dukungan Gebu Minang terhadap kongres bahasa Minang.

“Minimal Gebu Minang bisa mendorong anggotanya untuk menggunakan bahasa Minang di rumah tangga masing-masing,” ujarnya.

Ia juga mengharapkan dukungan dari masyarakat Minang di ranah maupun di rantau, apalagi jika dukungan itu nanti lebih konkret, misalnya berupa upaya-upaya nyata dalam bentuk program atau kegiatan untuk meningkatkan jumlah penutur bahasa Minang.

Pihaknya bersama Balai Bahasa Sumbar, pakar bahasa Minang, dan pihak-pihak terkait lainnya akan mengadakan kongres bahasa Minang 2018. Kongres tersebut digelar untuk melestarikan bahasa Minang.

Ia menjelaskan, pihaknya berencana menyelenggarakan kongres tersebut berdasarkan kondisi bahwa saat ini banyak orang Minang menggunakan bahasa Indonesia ketika berbincang dengan sesama orang Minang. Selain itu, ada keluarga Minang mengajari anaknya bahasa Indonesia, bukan bahasa Minang. Menurutnya, kondisi itu mengancam bahasa Minang. (h/dib)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 15 Februari 2020 - 22:09:21 WIB

    Ini Ucapan Khusus Nasrul Abit Usai Kukuhkan Pengurus Gebu Minang Jakarta

    Ini Ucapan Khusus Nasrul Abit Usai Kukuhkan Pengurus Gebu Minang Jakarta JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit mengajak, melalui organisasi masyarakat Gebu Minang bisa bersama-sama membangun Minangkabau. Karena gerakan Ekonomi dan Budaya Minangkabau yang pada awalnya di s.
  • Jumat, 28 Desember 2018 - 10:15:43 WIB

    Gebu Minang Tangkal Hoaks

    Gebu Minang Tangkal Hoaks PADANG, HARIANHALUAN.COM – Gebu Minang melakukan seminar nasional tentang upaya menangkal hoaks dan ujaran kebencian dalam rangka memperingati HUT Gebu Minang ke-29, di Buana Lestari Hotel Syariah, Kamis (27/12). Orang Mina.
  • Selasa, 02 Oktober 2018 - 17:34:18 WIB

    Peduli Gempa dan Tsunami Palu, Gebu Minang Sumbar Galang Infaq dan Sedekah

    Peduli Gempa dan Tsunami Palu, Gebu Minang Sumbar Galang Infaq dan Sedekah PADANG, HARIANHALUAN.COM - DPW Gebu Minang Sumbar menggalang dana bantuan korban gempa dan tsunami di  Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng). Penggalangan dana ini diwujudkan dalam bentuk gerakan Gebu Minang Peduli Ge.
  • Senin, 05 Februari 2018 - 18:33:20 WIB

    Lantik DPD, Gebu Minang Sumbar Undang Presiden

    Lantik DPD, Gebu Minang Sumbar Undang Presiden PADANG, HARIANHALUAN.COM--Gerakan Ekonomi Budaya (Gebu) Minang Sumatera Barat (Sumbar) akan melantik Dewan Pengurus Daerah (DPD) Gebu Minang 19 kabupaten/kota di provinsi ini di Kyriad Bumiminang Hotel pada 8 Februari. Pada p.
  • Senin, 25 September 2017 - 17:30:12 WIB

    OSO Lantik Pengurus Gebu Minang Sumbar

    OSO Lantik Pengurus Gebu Minang Sumbar PADANG, HARIANHALUAN.COM—Boy Lestari Dt. Palindih dilantik sebagai ketua Gerakan Ekonomi dan Budaya (Gebu) Minang wilayah Sumbar di Mercure Hotel, Padang, Sabtu (23/9). Ia bertekad menjadikan Gebu Minang di Sumbar sebagai g.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]